OPTIMALISASI PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA NEGERI 9 MANADO
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa optimalnya peran perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa di SMA Negeri 9 Manado. Perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar yang ada di sekolah harus menjalankan perannya dengan optimal. Peran perpustakaan sekolah diantaranya menyediakan dan mengolah koleksi bahan pustaka buku maupun bahan non buku, memelihara dan melestarikan koleksi perpustakaan, menyediakan fasilitas belajar dan membaca, menyebarluaskan informasi, dan memberdayakan pengguna. Peran perpustakaan sekolah dalam dunia pendidikan sangatlah penting, karena untuk membantu terselenggaranya pendidikan yang bermutu. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 7 informan, yang terdiri dari wakil kepala sekolah, 3 orang petugas perpustakaan, dan 3 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perpustakaan SMA Negeri 9 Manado belum berperan dengan optimal sesuai yang diharapkan, disebabkan karena koleksi bahan pustaka yang masih kurang up to date dan minim dalam hal jumlah, kemudian kurangnya fasilitas-fasilitas seperti meja, kursi, rak/lemari untuk menyimpan koleksi, dan kurangnya sumber daya manusia yang berlatar belakang di bidang perpustakaan.
Kata Kunci: Optimalisasi, Peran Perpustakaan Sekolah, Sumber Belajar