PENGARUH ENDORSER DIAN SASTRO IKLAN ZWITSAL TERHADAP PEMBELIAN PRODUK PADA TOKO SWALAYAN DI KOTA MANADO

Authors

  • Cindy C.O. Soleman
  • Mariam Sondakh
  • Jefry W Londa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dimana sebuah iklan harus dikemas semenarik mungkin agar khalayak atau calon konsumen tertarik melihat iklan dan mau memakai produk yang diiklankan. Ada iklan yang dibuat tetapi tidak mempertimbangkan kehadiran dari pendukung (endorser), iklan hanya dibuat begitu saja tanpa adanya endorser, sehingga khalayak kurang atau tidak tertarik untuk melihat produk iklan yang diiklankan, bahkan kebanyakan khalayak mengganti channel televisi ketika iklan-iklan mulai ditayangkan, yang menjadi masalahnya dalam setiap penayangan iklan kurangnya minat khalayak untuk melihat iklan-iklan. Karena itu, kehadiran endorser yang tepat perlu diperhatikan agar iklan yang ditayangkan mau dilihat oleh khalayak dan khalayak mau memakai produk yang diiklankan. Adapun beberapa iklan yang dibuat dengan menggunakan endorser tetapi tidak memperhatikan kredibilitas dari endorser, dimana kredibilitas endorser terdapat aspek yang didalamnya adalah kepercayaan, keahlian dan daya Tarik. Jadi, pemilihan endorser sebaiknya bukan hanya dilihat dari fisiknya atau karena endorsernya artis yang sedang naik daun atau yang sedang populer saja karena, tidak semua model memiliki kredibilitas endorser yang sesuai dengan produk yang akan diiklankan.
Penelitian ini menggunakan metode Korelasional Kuantitatif. Populasi berjumlah 40 orang, semua dijadikan sampel. Teknik analisis data yaitu korelasi product moment dan regresi linier sederhana.Hasil perhitungan menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara variabel dependen dan independen, melalui “uji t†dimana nilai "ð‘¡ð‘¢ð‘—ð‘–" = 7,56 jauh lebih besar dari nilai "ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™" = 1,69 selanjutnya semakin diperjelas dengan nilai “ ð‘Ÿð‘¢ð‘—ð‘–†= 0,772 nilai korelasi terdapat hubungan yang “kuatâ€.. â€. Yaitu Pengaruh Endorser Dian Sastro Iklan Zwitsal Terhadap Pembelian Produk Pada Toko Swalayan di Kota Manado.
Kata Kunci : Endorser, Pembelian Produk

Downloads

Published

2015-04-16

How to Cite

Soleman, C. C., Sondakh, M., & Londa, J. W. (2015). PENGARUH ENDORSER DIAN SASTRO IKLAN ZWITSAL TERHADAP PEMBELIAN PRODUK PADA TOKO SWALAYAN DI KOTA MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/7494

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>