Influencer Marketing dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Produk Fashion Di Tiktok Shop Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung

Authors

  • Rilo Pambudi Universitas Teknokrat Indonesia
  • Berlintina Permatasari Universitas Teknokrat Indonesia

Keywords:

influencer pemasaran, minat beli, ulasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh influencer marketing dan online customer review terhadap minat beli produk fashion di TikTok Shop pada masyarakat kota Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada responden yang merupakan generasi Z di wilayah Bandar Lampung dengan usia 21 sampai dengan 23 tahun yang berjumlah 130 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer marketing dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk fashion di TikTok Shop.

References

Alif, Mohd., Nordin, M. S., & Ramayanti, R. (2023). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Minat Beli Produk Fashion Pada Platform Tiktok Shop (Studi Kasus Pada Pengguna Tiktok Di Kota Medan). Jurnal Administrasi Bisnis, 40(1), 1-12.

Butarbutar, H. (2019). Pengaruh Influencer Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perdagangan Elektronik. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 13(2), 239-252.

Dhaefina, D., Putri, R. D., & Syahrani, M. (2020). Pengaruh Testimoni Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Online Batik Trusmi Cirebon. Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2), 245-254.

Dharma, R., & Iskandar, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Sabun Wajah Wardah C-Defense. Jurnal Administrasi Bisnis, 38(1), 1-10.

Fauzi, A., & Lina, S. (2021). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Perawatan Kulit Di Shopee. Jurnal Administrasi Bisnis, 38(2), 189-198.

Hariyanti, R., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Administrasi Bisnis, 35(3), 321-330.

Iwan, S., & Nainggolan, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Handphone Xiaomi Redmi Note 11 Di Toko Online Tokopedia. Jurnal Administrasi Bisnis, 39(1), 1-10.

Kadekova, D., & Heliencinova, I. (2018). The Impact Of Influencer Marketing On Consumer Purchase Intention: Evidence From Slovakia. Journal Of International Consumer Marketing, 30(5), 544-558.

Recha, O., Asmi, A. R., & Sari, R. D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Sabun Mandi Lifebuoy. Jurnal Administrasi Bisnis, 35(1), 1-10.

We Are Social. (2024). Indonesia Digital 2024. https://wearesocial.com/us/ databoks.katadata.co.id. (2024). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/

detikcom. (2024). Jangkauan Iklan TikTok di Indonesia Tertinggi Kedua di Dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/22/jangkauan-iklan-tiktok-di-indonesia-terbesar-kedua-di-dunia

Mulyati, S. R., & Gesitera, I. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Online: Studi Fenomenologi Pada Konsumen Tokopedia Di Kota Semarang. Semarang: UNNES Press.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2016). Organizational Behavior. New Jersey: Pearson.

Published

29-10-2024

How to Cite

Rilo Pambudi, & Permatasari, B. (2024). Influencer Marketing dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Produk Fashion Di Tiktok Shop Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 14(2), 210–213. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/58716

Issue

Section

Articles