Peran Kepemimpinan Inklusif dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan pada Toko Immanuel Group

Authors

  • Engelina Kadir Program Studi Administrasi Bisnis, Universitas Sam Ratulangi
  • Riane J. Pio Universitas Sam Ratulangi
  • Lucky Tamengkel Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35797/jab.v15i2.61549

Keywords:

kepemimpinan iklusif, kepuasan karyawan, kemajuan toko

Abstract

Metode penelitian/pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah metode atau pendekatan deskriptif kualitatif. Kesimpulan bahwa Peran Kepemimpinan inklunsif belum terimplementasi di Toko Immanuel Group yang menyebabkan Karyawan belum sepenuhnya puas terhadap system kerja yang ada di Toko Immanuel Group, hal itu di lihat dengan pemilik usaha yang tidak mengerti apa itu kepemimpinan inklunsif serta pemilik usaha tidak objektif dalam bersikap. Adapun pomberian gaji/insentif yang belum efektif di berikan, seperti tidak ada gaji tambahan Ketika lembur dan juga di dapati pemimipin tidak komunikatif, pemimpin tidak menetapkan standard kerja untuk membuat tigkat kerja menjadi hidup, hal itu dapat dilihat dengan jarang dilakukan monitoring dan evaluasi kepada karyawan yang ada di Toko Immanuel Group.

References

Badriyah, M. (2015). Manajemen sumber Daya Manusia.Bandung: CV Pustaka Setia.).

Gomes. (2001). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta : Andi offset.

Handoko, T. H. (2001). “ Manajemen Sumber Daya Manusia”. Yogyakarta: BPFE

Hartanto, W. (2016). Human Resources Management, Edisi sepuluh, Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Hasibuan, M. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia . Jakarta: Bumi Aksara.

Kotler. P & Keller. L. K (2019). Marketing Managemant. European: Pearson Education

Moleong. L. J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rosdakarya

Sutikno, S (2009). Kepemimpinan sekarang dan Masa Depan.Bandung: Cetakan Pertama, Pnospeet.

Wahyuniardi,. (2006). Human Resources Management, Edisi sepuluh, Jakarta :Penerbit Salemba Empat.

Published

08-05-2025

How to Cite

Kadir, E., Pio, R. J., & Tamengkel, L. (2025). Peran Kepemimpinan Inklusif dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan pada Toko Immanuel Group. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS , 15(2), 64–69. https://doi.org/10.35797/jab.v15i2.61549

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.