PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI DI SHOPMODELS STAR SQUARE BAHU
Keywords:
Shopee, Fitur Layanan Promosi, Minat Beli, Generasi Z, E commerce, Promosi Penjualan, Perilaku Konsumen, Strategi Pemasaran Digital.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi digital dan meningkatnya penggunaan
aplikasi belanja daring, khususnya Shopee, salah satu
platform e-commerce yang paling banyak digunakan di Indonesia. Berbagai fitur layanan promosi yang ditawarkan Shopee, seperti gratis ongkir,
diskon, cashback, dan flash sale, menjadi daya tarik utama dalam memengaruhi perilaku konsumen,
terutama di kalangan Generasi Z. Generasi Z, yang lahir antara tahun 1997 dan 2012, sangat terikat dengan
teknologi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif melalui metode survei menggunakan
kuesioner. Sampel penelitian terdiri dari 148 responden dari Generasi Z di 12 desa di
Kecamatan Tareran. Analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas, korelasi sederhana,
regresi linier sederhana, uji-t, dan koefisien determinasi. Temuan ini didukung oleh
teori AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action), yang menjelaskan bagaimana promosi yang efektif dapat
menarik perhatian dan mendorong keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan wawasan berharga untuk
strategi pemasaran digital dan menjadi dasar pengembangan
fitur promosi yang lebih relevan dan disesuaikan dengan preferensi dan perilaku generasi muda.
References
Ajaib.com. (Diakses 2025). 5 Perilaku Belanja Online: Laki-laki Lebih Sering Belanja!. 5 Perilaku Belanja Online: Laki-laki Lebih Sering Belanja! - Ajaib.
Cheung, C. M. K., & Thadani, D. R. (2012). Pengaruh komunikasi elektronik dari mulut ke mulut: Analisis literatur dan model integratif. Sistem Pendukung Keputusan, 54(1), 25-36.
Cut Devi Muhammad Rahmad Hidayat Maulidasari. (2019). Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen. 3.2 107–9.
Felicia V. A. (2024). Pengaruh Interaktivitas Pemasaran Media Sosial Dan Kepercayaan Merek Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian (Studi pada Pelanggan Scarlett Whitening di Kota Semarang).
Freberg, K., Graham, K., McGaughey, K., & Freberg, L. A. (2011). Siapa saja influencer media sosial? Sebuah studi tentang persepsi publik terhadap kepribadian. Tinjauan Hubungan Masyarakat, 37(1), 90-92.
Gede Wisnu Saputra and I Gusti Agung Ketut Sri Ardani. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. hal. 2600.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kylie Tesalonika Pomantow

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
