ANALISIS PROFIL KONSUMEN MOBIL LISTRIK WULING AIR EV DI KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i3.48610Abstract
Abstract. This study aims to describe the profile of consumers who buy and use an electric car with the Wuling Air brand in Bandung. The various advantages offered by electric cars compared to manual cars show that sales of this brand of electric cars are increasing every year, and purchasing behavior to use electric cars in selected consumer segments using the Empathy Map method through interviews to obtain information from the consumer's perspective. Descriptive analysis is used through the indicators in the Empathy Map method to explain that this segment is active, agile, and intelligent in planning the operational costs of traveling with their personal vehicles, travel time, and ease of use. Hopefully, this scientific article can become input for the following action for electric vehicle brand owners and governments who want to encourage more use of environmentally friendly electric cars.
Abstrak. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui gambaran profil konsumen yang memutuskan membeli dan menggunakan mobil listrik dengan merek Wuling Air yang ada di Kota Bandung. Berbagai keuntungan yang ditawarkan mobil listrik dibandingkan mobil manual memang menunjukkan penjualan mobil listrik merek ini meningkat setiap tahunnya. Perilaku pembelian hingga penggunaan mobil listrik di segmen konsumen yang dipilihkan menggunakan metode Peta Empati melalui wawancara untuk mendapatkan informasi melalui perspektif konsumen tersebut. Analisis deskriptif digunakan melalui indikator-indikator dalam metode Peta Empati menjelaskan bahwa segmen ini adalah mereka yang aktif, lincah, dan pintar dalam merencanakan biaya operasional perjalanan dengan kendaraan pribadi mereka, waktu tempuh, dan kemudahan selama penggunaan. Artikel ilmiah ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk aksi berikutnya bagi para pemilik merek kendaraan listrik dan pemerintah yang ingin mendorong lebih banyak penggunaan mobil listrik yang ramah lingkungan.
References
Alexander Osterwalder, Y. P. (2014). How to create prroducts and services customers want. Get started with value proposition Design. Business Model generation, 36-37.
CNN. (2022, Desember 09). Mobil Listrik Air EV Dominasi Penjualan Wuling. Retrieved from www.cnnindonesia.com: https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20221209150113-603-885225/mobil-listrik-air-ev-dominasi-penjualan-wuling
Herawati, Y. (2022, September 10). viva.co.id. Retrieved from Konsumen Beberkan Pengalaman Memiliki Wuling Air ev: https://www.viva.co.id/otomotif/mobil/1519522-konsumen-beberkan-pengalaman-memiliki-wuling-air-ev
Jaunanda, M., Sembel, R., Hulu, E., & Ugut, G. S. S. (2022). Pengaruh Economic Value Added, Market Value Added Dan Financial Distress Terhadap Volatilitas Stock Return Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.36737
Kanuk, L. S. (2008). Perilaku Konsumen Edisi 7. Jakarta: Indeks.
Law, S. W. (2018). Cost Ovation. 140-141.
MCI, E. (2022, Mei). EY Mobility Consumer Index 2022 Study. Retrieved from assets.ey.com: https://assets.ey.com/content/dam/ey-sites/ey-com/en_gl/topics/automotive-and-transportation/automotive-transportation-pdfs/ey-mobility-consumer-index-2022-study.pdf
Morissan. (2017). Penelitian Survei. Jakarta: Prenada Media Grup.
Pitoy, R. R., Saerang, I. S., & Tulung, J. E. (2022). Reaksi Pasar Modal Terhadap Disahkannya RUU Cipta Kerja Menjadi Undang-Undang Pada Emiten Perbankan. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(1)
Philip Kotler, K. L. (2022). Marketing Management. United Kingdom: Pearson Education.
pluginamerica. (2022, Februari). The Expanding EV Market : Observations in a year of growth. Retrieved from pluginamerica.org: https://pluginamerica.org/wp-content/uploads/2022/03/2022-PIA-Survey-Report.pdf.
Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.