Jurnal ANALISIS PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PROSES MEDIATISASI POLITIK: PERSPEKTIF KOMUNIKASI POLITIK DAN PARTISIPASI PUBLIK
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i1.55526Abstrak
Abstrak
Studi ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial dalam proses mediatisasi politik dengan mempertimbangkan perspektif komunikasi politik dan partisipasi publik. Teori-teori yang digunakan dalam analisis meliputi Teori Mediatisasi, Teori Komunikasi Politik, Teori Partisipasi Publik, Teori Algoritma dan Filter Bubble, serta Teori Penyebaran Informasi Palsu. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui analisis konten media sosial. Data diperoleh dari materi yang diposting di media sosial oleh politisi, partai politik, dan warga negara. Hasil analisis menunjukkan bahwa media sosial memiliki pengaruh yang signifikan dalam komunikasi politik dengan memfasilitasi interaksi langsung antara politisi dan pemilih, serta meningkatkan partisipasi publik dalam diskusi politik. Namun, tantangan seperti penyebaran informasi palsu dan polarisasi politik juga muncul. Dalam kesimpulan, disarankan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat, memantau penggunaan media sosial oleh pihak politik, dan melibatkan lembaga pendidikan dalam pendidikan politik untuk mengurangi dampak negatif dan meningkatkan manfaat positif penggunaan media sosial dalam politik.
Kata Kunci: Media sosial, Mediatisasi politik, Komunikasi politik, Partisipasi publik, Penyebaran informasi palsu
Referensi
Barberá, P., Jost, J. T., Nagler, J., Tucker, J. A., & Bonneau, R. (2015). Tweeting from left to right: Is online political communication more than an echo chamber? Psychological science, 26(10), 1531-1542.
Bennett, W. L., & Segerberg, A. (2012). The Logic of Connective Action: Digital Media and the Personalization of Contentious Politics. Information, Communication & Society, 15(5), 739-768.
Bertot, J. C., Jaeger, P. T., & Grimes, J. M. (2012). Promoting transparency and accountability through ICTs, social media, and collaborative e‐government. Transforming Government: People, Process and Policy, 6(1), 78–91.
Chadwick, A. (2017). The Hybrid Media System: Politics and Power. Oxford University Press.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Cross, Michael. (2014). Social Media Security: Leveraging Social Network WHile Mitigating Risk. Massachusetts: Syngress Elsevier.
Doe, J. (2018). Understanding Social Media: Definitions and Key Concepts. Journal of Social Communication, 12(3), 45-60.
Gibson, R., & McAllister, I. (2017). Political Parties and the Digital Citizen. Routledge.
Kompas. (2020). "Bagaimana Media Sosial Membentuk Politik di Indonesia". Diakses 28 April 2024, https://www.kompas.com/skola/read/2020/09/22/174949169/bagaimana-media-sosial-membentuk-politik-di-indonesia?page=all.
Kompas.com, (2024). Saat Anies dan Mahfud Berebut Suara Anak Muda Lewat “Live” Tiktok, Siapa Dulang Dukungan? Di akses pada 28, April 2024, di laman nasional kompas: https://nasional.kompas.com/read/2024/01/03/05150081/saat-anies-dan-mahfud-berebut-suara-anak-muda-lewat-live-tiktok-siapa-dulang?page=all
Kusuma, A. P., & Riyadi, S. (2018). "Political Participation on Social Media: Case Study of Indonesian Youth in the 2014 Presidential Election". Journal of Political Sciences & Public Affairs, 6(1), 1-8.
Lewandowsky, S., Ecker, U. K. H., & Cook, J. (2017). Beyond Misinformation: Understanding and Coping with the “Post-Truth” Era. Journal of Applied Research in Memory and Cognition, 6(4), 353–369.
Malik, I., Khaerah, N., Prianto, A. L., & Hamrun, H. (2020). Edukasi politik virtual era demokrasi digital pada sekolah menengah kejuruan. Masyarakat Berdaya dan Inovasi, 1(1), 39-47.
Mazzoleni, G., & Schulz, W. (1999). Mediatization of Politics: A Challenge for Democracy? Political Communication, 16(3), 247–261.
Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Norris, P. (2008). Driving democracy: Do Power-Sharing Institutions Work? Cambridge University Press.
Nugroho, Y., & Rosyadi, S. (2019). Media sosial dan Perilaku Politik Masyarakat: Studi Kasus Media Sosial Facebook Di Indonesia. Jurnal Penelitian Komunikasi, 22(2), 227-239.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice. Sage Publications.
Pandiangan, P., & Martini, I. A. O. (2021). Digital Marketing Strategy of Property Agents in The New Normal Era. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3).
Pariser, E. (2011). The filter bubble: How the New Personalized Web Is Changing What We Read and How We Think. Penguin.
Rakhmat, J., & Sukma, A. (2018). Politik dan Media Sosial di Indonesia. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 45-61.
Sabrina, A. R. (2018). Literasi digital sebagai upaya preventif menanggulangi hoax. Communicare: Journal of Communication Studies, 5(2), 31-46.
Sila, I. K., & Martini, I. A. (2020). Transformation and revitalization of service quality in the digital era of revolutionary disruption 4.0. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(1).
Strömbäck, J., & Esser, F. (2014). Mediatization of politics: Understanding the Transformation of Western Democracies. Palgrave Macmillan.
Sunstein, C. R. (2017). # Republic: Divided democracy in the Age of Social Media. Princeton University Press.
Susanto, A. (2019). Media Sosial dan Demokrasi: Sebuah Kajian Kritis Atas Pengaruh Media Sosial Terhadap Partisipasi Politik di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 23(2), 105-116.
Susanto, A. B. (2020). "Peran Sosial Media dalam Proses Demokrasi di Indonesia". Jurnal Studi Pemerintahan, 11(1), 72-80.
Sutiyono, W. (2018). Media Sosial dan Partisipasi Politik. Jurnal ASPIKOM, 3(4), 607-624.
Tandoc Jr., E. C., Lim, Z. W., & Ling, R. (2018). Defining “Fake News”: A typology of scholarly definitions. Digital journalism, 6(2), 137-153.
Tufekci, Z. (2014). Big Questions For Social Media Big Data: Representativeness, Validity and Other Methodological Pitfalls. ICWSM, 14, 505-514.
Verba, S., Schlozman, K. L., & Brady, H. E. (1995). Voice and Equality: Civic Voluntarism in American Politics. Harvard University Press.
Wardhana, R. A. (2019). "Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Politik oleh Partai Politik di Indonesia". Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(1), 68-80.
Wicaksono, A. (2020). Politik identitas Dan Polarisasi Media Sosial Di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 24(1), 13-29.
Yulianto, T., & Kurniasih, N. (2018). "Media Sosial dan Komunikasi Politik: Penggunaan Media Sosial oleh Partai Politik di Indonesia". Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(1), 17-28.
Yatmo, Y. A. (2016). "Protes Sosial di Era Digital: Analisis Media Sosial dan Kampanye Online di Indonesia". Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 20(2), 81-95.




