TRANSFORMASI PENGALAMAN BELANJA DENGAN AUGMENTED REALITY: PERAN HEDONIC SHOPPING BEHAVIOR DALAM MENCIPTAKAN EXCITEMENT AFFECTIVE RESPONSE

Penulis

  • Felicia Tanoko Universitas Ciputra
  • Metta Padmalia Universitas Ciputra

DOI:

https://doi.org/10.35794/jmbi.v12i1.59657

Abstrak

Perkembangan teknologi digital saat ini yang cepat telah menyebabkan perubahan di berbagai sektor, termasuk pemasaran. Dalam transformasi dari marketing 1.0 ke 5.0, teknologi Augmented Reality (AR) muncul sebagai inovasi yang digunakan dalam meningkatkan pengalaman pelanggan, terutama dalam industri kecantikan. Augmented Reality memungkinkan konsumen untuk berinteraksi dengan produk secara visual dan imersif sebelum melakukan pembelian, memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dan memuaskan secara emosional. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat pengaruh Augmented Reality Beauty Experience terhadap Excitement Affective Response, yang dimoderasi oleh Hedonic Shopping Behavior dalam konteks pemasaran produk kecantikan. Penelitian ini menggunakan dengan pendekatan kuantitatif dengan analisis Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS). Pengujian dilakukan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4.0 dengan jumlah sampel sebanyak 377 responden. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Augmented Reality Beauty Experience berpengaruh signifikan terhadap Excitement Affective Response, namun Hedonic Shopping Behavior sebagai moderasi memperlemah pengaruh tersebut.

Referensi

Asiva Noor Rachmayani. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.

Cahyani, L., & Marcelino, D. (2023). Positive Emotions as Mediation Between Hedonic Shopping Motivations on Impulsive Buying Behavior of E-Commerce in Indonesia. Asia Pacific Management and Business Application, 011(03), 347–362. https://doi.org/10.21776/ub.apmba.2023.011.03.7

Do, H. N., Shih, W., & Ha, Q. A. (2020). Effects of mobile augmented reality apps on impulse buying behavior: An investigation in the tourism field. Heliyon, 6(8), e04667. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04667

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi.

Hapsari, C., Maupa, H., & Payangan, O. (2023a). The Future of Online Beauty Retail: The Effectiveness of Augmented Reality Technology in Influencing Psychological Reaction and Behavioral Intention. https://irjems.org/Volume-2-Issue-4/IRJEMS-V2I4P126.pdf

Haripa, T. (2019). Bab vi kesimpulan dan saran 6.1. 2, 57–58.

Ii, B. A. B., & Infaq, P. E. (2019). LANDASAN TEORI A . Deskripsi Teori. 14(2016), 8–28.

Kim, J., & Forsythe, S. (2008). Adoption of Virtual Try-on technology for online apparel shopping. Journal of Interactive Marketing, 22(2), 45–59. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/dir.20113

Lovendra, S. (2021). Pengaruh penggunaan Augmented Reality Marketing terhadap Buying Decision produk kecantikan Maybelline official shop di Shopee dengan Consumer Engagement sebagai Intervening Variable. Jurnal Strategi Pemasaran, 8(1), 13. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/11933

Nugraha, A. E., Sari, R. P., Rachmat, M. T., Zakaria, J. M., & Nuravianti, A. (2022). Personal Branding Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Alam Pemanfaatan Periklanan Augmented Reality Industri Kosmetik Untuk Meningkatkan Manajemen Hubungan Pelanggan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1064. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.6995

Palupi, I. A. B., Djuniadi, D., & Ristanto, R. D. (2021). Penerapan E-Learning Berbasis Learning Management System Menggunakan Easyclass. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 39–43. https://doi.org/10.15294/jpp.v38i1.31223

Pandiangan, P., & Martini, I. A. O. (2021). Digital Marketing Strategy of Property Agents in The New Normal Era. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3).

Sahli, A., & Lichy, J. (2024). The role of augmented reality in the customer shopping experience. International Journal of Organizational Analysis, ahead-of-p(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/IJOA-02-2024-4300

Sustaningrum, R. (2023). Purchase Intention Generasi Z Pada Produk Kosmetik Dengan Teknologi Augmented Reality Pada Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 28(3), 405–419. https://doi.org/10.35760/eb.2023.v28i3.7170

Wahyudin, M. A., Made, N., & Aksari, A. (2024). The Effect of Augmented Reality Virtual Try-On on Purchase Intention Mediated by Perceived Enjoyment ( Study on Revlon Products in Denpasar City ). 3(4), 1003–1020.

Watson, Anna & Alexander, Bethan & Salavati, Leyla. (2018). The impact of experiential augmented reality applications on fashion purchase intention. International Journal of Retail & Distribution Management. 48. 10.1108/IJRDM-06-2017-0117.

Wida, P. A. M. W., Yasa, N. N. K., & Sukaatmadja, I. P. G. (2016). Aplikasi Model Tam (Technology Acceptance Model)pada Perilaku Pengguna Instagram. Jurnal Ilmu Manajemen Mahasaraswati, 6(2).

Widyastuti, W. (2024). The Role of Augmented Reality in Improving Brand Attitude Through Perceived Enjoyment. 58–68. https://doi.org/10.7172/2449-6634.jmcbem.2024.1.4

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Tanoko, F., & Padmalia, M. (2025). TRANSFORMASI PENGALAMAN BELANJA DENGAN AUGMENTED REALITY: PERAN HEDONIC SHOPPING BEHAVIOR DALAM MENCIPTAKAN EXCITEMENT AFFECTIVE RESPONSE. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 12(1), 361–377. https://doi.org/10.35794/jmbi.v12i1.59657