PENGARUH KETERSEDIAAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIASI PADA PELANGGAN PT INDO REZA PERKAZA
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v12i1.62109Abstrak
Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh ketersediaan produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada pelanggan PT Indo Reza Perkaza. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah melakukan pembelian material scrap dari PT Indo Reza Perkaza sejumlah 40 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Bentuk kuesioner penelitian adalah angket tertutup dimana responden menjawab pernyataan atau pertanyaan berdasarkan pilihan jawaban yang telah disediakan dan diukur menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda yang dihitung menggunakan bantuan perangkat lunak Smart PLS 4. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketersediaan produk berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, ketersediaan produk berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, dan ketersediaan produk berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan tanpa langsung melewati kepuasan pelanggan
Referensi
Adiyanta, F. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey Sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Administrative Law and Governance journal, 2(4). 697-709.
Arifin, Agus Zainal. (2018). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Ardian, R., & Sudrartono, T. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Kembali Cat Dulux Di Depo Keramik Katapang Bandung. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.35854
Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS). Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Penerbit C.V Andi Offset (Penerbit Andi).
Ayunita, D. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Statistika Terapan, October.
Boonlertvanich, K. (2019). Service Quality, Satisfaction, Trust, and Loyalty: The Moderating Role of Main - Bank and Wealth Status. International Journal of BankMarketing, 37 (1), 278–302.
Baron, R. M., & Kenny, D. A. (1986). The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research. Conceptual, Strategic, and Statistical Considerations. Journal of Personality and Social Psychology, 51(6), 1173–1182.
Balderjahn, I. and Hüttel, A. (2019), “The Role of Personal Values”, Marketing: ZFP – Journal of Research and Management, Verlag C.H.Beck, Vol. 41 No. 1, pp. 24–38.
Chatrina, N. F., & Suwarto, S. (2022). Pengaruh Harga, Ketersediaan Produk, Dan Kemasan Terhadap Kepuasan Pelanggan Saus Lombok Mas Pada CV. Indosari Lombok Mas Di Lampung Tengah. Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI, 2(1), 239-247.
Chin, W. W. (1998). The partial least squares approach to structural equation modeling. In G. A. Marcoulides (Ed.), Modern methods for business research (pp. 295–336). Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Diantika, A. R. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Ketersediaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hikmah Mart Jajar Wates. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 175-188.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Edisi 2. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Garson, G. D. (2016). Partial least squares. Regression and structural equation models.
Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.
Hardani, et al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Hair Jr, J. F., Matthews, L. M., Matthews, R. L., & Sarstedt, M. (2017). PLS-SEM or CB-SEM: updated guidelines on which method to use. International Journal of Multivariate Data Analysis, 1(2), 107-123.
Hino, H. (2017), “Does switching-intention result in a change in behaviour? Exploring the actual behavioural shopping patterns of switching-intended customers”, British Food Journal, Vol. 119 No. 12, pp. 2903–2917, doi: 10.1108/BFJ-12-2016-0622.
Huang, P.-L., Lee, B.C.Y. and Chen, C.-C. (2019) ‘The influence of service quality on customer satisfaction and loyalty in B2B technology service industry’, Total Quality Management & Business Excellence, 30(13–14), pp. 1449–1465.
IISIA, (2020, July 31) Konsumsi Baja Indonesia Bisa Lampaui 20 Juta Ton di Tahun 2024. Retrieved on November 15, 2024 from https://www.iisia.or.id/.
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode penelitian kuantitatif. Deepublish.
Keaveney, S.M. (1995), Customer Switching Behavior in Service Industries : An Exploratory Study, Journal of Marketing, Vol. 59 No. 2, pp. 71–82.
Lianardi, W., & Chandra, S. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Juni Pekanbaru. 4(1), 47–57.
Meilatinova, N. (2021). Social commerce: Factors affecting customer repurchase and word-of-mouth intentions. International Journal of Information Management, 57, 102300.
Manu, A. R., Rangga, Y. D. P., & Meylano, N. H. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan di Hotel Gading Beach Maumere. Jurnal Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis: Cuan, 2(3), 84-94.
MSDM, I. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Oliver, R. L. (1977). Effects of expectation and disconfirmation on post-exposure product evaluations: An alternative interpretation. Journal of Applied Psychology, 62(4), 480-486.
Oliver, R. L. (1980). A cognitive model of the antecedents and retail setting. Journal of Retailing, 57, 25-48.
Putri, K. A. A. A. D., & Rastini, N. M. (2022). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Konsumen Teh Gelas di Kota Denpasar). E. Jurnal Manajemen, 11(10), 1771-1791.
Rahmadani, F., Suardana, I. M., & Samudra, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada UD. Eva Group Mataram. Jurnal Ilmiah VALID, 16(1), 123–135.
Roy, S., S., S. and Bhatia, S. (2019) ‘Service quality versus service experience: An empirical examination of the consequential effects in B2B services’, Industrial Marketing Management, 82, pp. 52–69.
Saparso, S., & Wahyoedi, S. (2019). Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Studi Atas Religitas, Kualitas Layanan, Trust dan Loyalitas).
Sucofindo, (2022, July 13) Peluang Bisnis Scrap. Retrived on November 15, 2024from https: // www.sucofindo.co.id /.
Setiajatnika, E., & Gunadi, T. (2021). Kelayakan Pembangunan Gudang Pusat Distribusi Provinsi (PDP) Jawa Barat Ditinjau Dari Aspek Keuangan. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 3(2), 364-387.
Situngkir, M. B., Rahayu, V. I., dan Zulkifli. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Ketersediaan Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Konsumen Meteor Cell di Jalan Gajayana Kota Malang), Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB), Vol. 2 No. 1:174–183.
Suarna, I. F. (2024). Pengaruh Ketersediaan Produk, Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Loyalitas Konsumen pada Pembelian Produk mie instan supermi dikota Bandung”. Jurnal Pemasaran Bisnis, 6(4).
Sumarlijati, T., Suprihanta, C. P., & Setiawan, I. T. (2021). Factors In Purchase Intention Of Foreign Soccer Club Jersey. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.35661
Thomas, J. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Aftersales, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen dalam membentuk Loyalitas Pelanggan pada UD. Enam Sembilan. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 6(3), 236-244.
Tandon, A., Aakash, A., & Aggarwal, A. G. (2020). Impact of EWOM, website quality, and product satisfaction on customer satisfaction and repurchase intention: moderating role of shipping and handling. International Journal of System Assurance Engineering and Management, 11, 349-356.
Teruna, D., Ardiansyah, T., & Awaloedin, M. (2022). Model Strategy B2B Dalam Meningkatkan Consumer Loyalty Di Indonesia. Journal Of Management, 3(02).
Wirtz, J. (2003). Halo in customer satisfaction measures. International Journal of Service Industry Management, 14(1), 96-119.
Yuliantoro, N., Goeltom, V., Juliana, I. B., Pramono, R., & Purwanto, A. (2019). Repurchase intention and word of mouth factors in the millennial generation against various brands of Boba drinks during the Covid 19 pandemic. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 8(2), 1-11.
Yuyun, K. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan, Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada PT. Lintang Medika) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS LAMPUNG).




