PERILAKU KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BERDASARKAN KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i1.54793Abstrak
Masyarakat yang tinggal di iklim tropis memerlukan perawatan kulit yang lebih ekstra melalui penggunaan sunscreen yang diaplikasikan secara rutin terutama pada bagian wajah. Penggunaan sunscreen dapat mencegah paparan sinar matahari langsung yang dapat merusak lapisan kulit wajah. Banyak produk sunscreen yang beredar di pasar sehingga konsumen dihadapkan pada berbagai pilihan kualitas dan harga yang ditawarkan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis kualitas produk dan persepsi harga dari produk sunscreen Azarine yang memengaruhi proses keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan dengan non-probability sampling dengan sampel penelitian masyarakat di Kota Bandung yang pernah membeli dan menggunakan sunscreen Azarine yang berjumlah 120 responden. Penelitian ini mendapatkan sebuah hasil bahwa kualitas dari produk dan juga persepsi harga memengaruhi keputusan pembelian.
Referensi
Awalya, S. S., Winarso, W., & Anas, H. (2023). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap minat beli produk sunscreen “merek azarine” (pada generasi z Bekasi). Jurnal Economina, 2(10), 2704–2721. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.895
Bernarto, I., Purwanto, A., Tulung, J. E., & Pramono, R. (2024). The Influence of Perceived Value, And Trust on WOM and Its Impact on Repurchase Intention. Revista De Gestão Social E Ambiental, 18(4), e04983. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n4-081
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen pada marketplace: Kualitas produk dan kualitas pelayanan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 2022. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1
Fauziah, A. N., & Supriyono. (2023). The effect of product quality and price perceptions on purchase decisions of scarlett body lotion at vilshop, Madiun City. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 2(3), 639–664. https://doi.org/10.55927/ministal.v2i3.4688
Kristiawan, A., Nursalin, K. K., Gunawan, I., & F.Yo, J. A. (2021). Pengaruh Pengalaman Berbelanja Online Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan (Segmen : Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha Pelanggan Shopee Dan Jd.Id). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(2). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i2.35107
Lenaini, I., & Artikel, R. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling info artikel abstrak. 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075
Maino, G.P., Sepang, J. L., & Roring, F. (2022). Pengaruh inovasi produk, persepsi harga dan promosi terhadap minat beli pada Verel Bakery And Coffee. 184 Jurnal Emba, 10(1), 190. https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37678
Permatasari, C. D., & Tjahjaningsih, E. (2022). Pengaruh kesadaran merek, persepsi harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian paket data telkomsel. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 2022–2296. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.2019
Puspita, Y. D., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk garnier. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 98-104. https://doi.org/10.56338/jsm.v8i2.1644
Razak, M., Hidayat, M., Rahman, M. H., Handayani, S. (2021). Pengaruh video advertising dan sosial media konten melalui brand awareness terhadap minat beli pada aplikasi gofood di Kota Makassar. AkMen Jurnal Ilmiah, 18(1), 84-97.
Rosida, R & Haryanti, I. (2020). Pengaruh promosi online dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada nithalian collection bima). Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(2), 150–160. https://doi.org/10.47065/jbe.v1i2.235
Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh lokasi, promosi dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal EMBA, 7(1), 881–890. https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22916
Sofia, M., & Minerva, P. (2021). Hubungan tingkat pengetahuan bahaya paparan sinar matahari dengan penggunaan sunscreen oleh mahasiswa kepelatihan olahraga angkatan 2018 Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7596–7603.
Sugiharto, A., & Darmawan, M. F. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian janji jiwa coffee Citra Raya. Jurnal Papatung, 4(2). https://doi.org/10.54783/japp.v4i2.454
Tj, H. W. (2020). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian minuman bobba yang dimediasi oleh strategi promosi (studi kasus: konsumen chatime Tanjung Duren). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(12), 1566. https://Doi.Org/10.36418/Syntax-Literate.V5i12.1875