Potensi Ekowisata Air Terjun Kima Atas, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara

Authors

  • Anastasya Gulo Program Studi Kehutanan, Universitas Sam Ratulangi
  • Martina A. Langi Program Studi Kehutanan, Universitas Sam Ratulangi
  • Fabiola B. Saroinsong

DOI:

https://doi.org/10.35791/sil.v1i3.43492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang kelayakan Air Terjun Kima Atas dari segi daya tarik, aksesibilitas, akomodasi, serta sarana dan prasarana penunjang. Menggunakan metode survei yang dilakukan dengan observasi dengan cara menggunakan dua data yaitu pertama data sekunder berupa kondisi umum lokasi penelitian atau dari instansi pemerintah setempat, kedua data primer antara lain berupa kondisi Objek dan Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas, Akomodasi, serta Sarana dan Prasarana Penunjang. Sebagian data bersumber dari beberapa responden yakni masyarakat setempat dan para pengunjung lokasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi potensi objek dan daya tarik wisata alam air terjun Kima Atas dari penilaian segi aspek daya tarik memperoleh skor total 720 dari nilai maksimal 1080, segi aspek aksesibilitas memperoleh skor total 425 dari nilai maksimal 600, segi aspek akomodasi memperoleh skor total 60 dari nilai maksimal 180, dan dari segi sarana dan prasarana memperoleh skor total 300 dari nilai maksimal 300. Penilaian keseluruhan terhadap komponen – komponen aspek wisata alam di kawasan Air Terjun Kima Atas maka diperoleh presentasi untuk layak dikembangkan dengan perolehan nilai sebesar 67,75%.

References

Barus, E., R. Rahmawaty, dan P. Patana. 2016. Potensi wisata alam di Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung Model Unit XIV Toba Samosir. Peronema Forestry Science Journal, 5(3): 162-167.

Direktorat Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA). 2003. Pedoman Analisis Daerah Operasi Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam (ADO-ODTWA). Direktorat Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam. Bogor.

Rizky, A.. 2014. Identifikasi Potensi dan Strategi Pengembangan Ekowisata Mangrove Pada Kawasan Suaka Margasatwa Mampie Di Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar. Makassar.

Soegiyanto, I.H., dan P. Hadi. 2015. Pengembangan Potensi Ekowisata di Kabupaten Bima. Jurnal GeoEco, 1(2): 195-206.

Downloads

Published

2022-09-15

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)