Kecenderungan Konsumen Memilih Merek Rokok dengan Analisis Korespondensi

Authors

  • Deiby Tineke Salaki

DOI:

https://doi.org/10.35799/jis.v7i1.48113

Abstract

Motivasi, sebagai salah satu faktor psikologi yang mempengaruhi konsumen dalam membeli suatu produk, sangat berarti bagi produsen agar kegiatan pemasaran lebih terarah.  Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kecenderungan konsumen dalam memilih merek rokok.  Melalui penelitian ini diketahui Dji Sam Soe merupakan merek yang dapat mendukung penampilan seseorang, Sampoerna dipilih karena memberikan kenikmatan dan kebebasan, L.A.Light merupakan merek rokok yang kurang disukai dan hanya menjadi alternatif, Gudang Garam Filter dipilih karena membuat pikiran menjadi segar dan nyaman serta memberikan kebebasan dan dapat menjadikannya lebih aktif, dan Marlboro merupakan merek rokok untuk bersosialisasi dan memberikan kebanggaan kepada yang mengkonsumsinya.

Kata Kunci: Merek, Rokok, Analisis Korespondensi

CONSUMER PREFERENCE IN CHOOSING CIGARETTE BRAND WITH CORRESPONDENCE ANALYSIS

ABSTRACT

Motivation, as one of psycologycal considerations in purchasing a product, is very meanigful for producer in doing more directed marketing activities.  The Aims of this research is to discover the description of consumer trend in choosing cigarette brand.  The result show that Dji Sam Soe is chosen for supporting ones appearance;  Sampoerna can give pleasantness and freedom; while L.A.Light is only an alternative brand; Gudang Garam Filter is liked because can refresh their mind, making free-feeling and more active; Marlboro is the brand for social activities and as the pride of themselves.

Keywords: Brand, Cigarette,  Correspondence Analysis

References

Chalfield. C. & A. Collins. 1980. Introduction to Multivariate Analisys. Chapmen and Hall. New York.

Handoko, M. 1992. Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Kanisius. Yogyakarta.

Johnson. R.A. and D.W. Wichern. 2002. 4th Edition. Applied Multivariate Statistical Analisys. Pearson Education International. USA.

Mattjik, A.A., et all. 2004. Modul Teori Pelatihan Analisis Multivariate. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Shadily, H. 1973. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Yayasan Dana Buku Franklin. Djakarta.

Siswadi & B, Suharjo. 1997. Analisis Eksplorasi Data Peubah Ganda. Jurusan Matematika Fakultas MIPA IPB. Bogor.

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Salaki, D. T. (2023). Kecenderungan Konsumen Memilih Merek Rokok dengan Analisis Korespondensi. Jurnal Ilmiah Sains, 7(1), 87–92. https://doi.org/10.35799/jis.v7i1.48113

Issue

Section

Articles