PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN DI SMA ISLAM TERPADU NURUL HASAN KOTA TERNATE
Abstract
ABSTRAKTujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran perpustakaan sekolah dalam proses pembelajaran di SMA Islam Terpadu Nurul Hasan Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran perpustakaan di SMA Islam Terpadu Nurul Hasan Kota Ternate dalam menunjang proses pembelajaran sudah memadai tetapi masih perlu ditingkatkan, perpustakaan sebagai sarana yang menyediakan sumber pembelajaran dan informasi yang sesuai harus ditunjang dengan fasilitas dan sarana yang sesuai dengan standar perpustakaan sekolah, begitupula dengan ketersediaan koleksi buku yang harus sebanding dengan siswa, selain itu guru juga dapat menjadikan koleksi di perpustakaan sebagai bahan tambah untuk mengajar. Sebagai sarana pengembangan dan peningkatan membaca bagi siswa perpustakaan berperan untuk menumbuhkan kesadaran membaca para siswa dengan ketersediaan bacaan yang menarik, melakukan berbagai kegiatan lomba dan menanamkan kesadaran dalam diri siswa tentang membaca. Selain itu sebagai sarana pembinaan intelektual dan sikap, peran perpustakaan sekolah dituntut untuk memperkaya keterampilan dan membantu meningkatka intelektual sumber daya manusia dalam hal ini pengelola perpustakaan juga dibina untuk dapat membantu meningkatkan kinerja diperpustakaan tersebut.
Kata Kunci : Peran Perpustakaan, Proses Belajar