Hubungan antara Persepsi Tubuh dengan Kejadian Anemia pada Remaja Putri di Desa Patokaan Kabupaten Minahasa Utara

Authors

  • Majesty Wowiling Universitas Sam Ratulangi
  • Nancy Malonda Universitas Sam Ratulangi
  • Nova Kapantouw Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35799/jbl.v14i1.51022

Keywords:

Anemia, Hemoglobin, Persepsi Tubuh, Remaja Putri

Abstract

Pendahuluan; Anemia adalah sebagian masalah gizi yang sampai saat ini menjadi perhatian oleh pemerintah. Tujuan; untuk mengetahui hubungan antara persepsi tubuh (body image) dengan kasus anemia terhadap remaja putri di Desa Patokaan, Kabupaten Minahasa Utara. Jenis penelitian berikut ialah kuantitatif dengan desain studi observasional analitik. Penelitian ini memakai pendekatan cross sectional study. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Patokaan, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara dengan jumlah 50 sampel. Hasil; Hasil penelitian dengan uji fisher’s exact pada setiap subskala, diperoleh nilai signifikan p-value 0,276 untuk subskala evaluasi penampilan (appearance evaluation), p-value 0,534 untuk subskala orientasi penampilan (appearance orientation), p-value 1,000 untuk subskala kepuasan terhadap bagian tubuh (Body area satisfaction), p value 1,000 untuk subskala kecemasan menjadi gemuk dan p-value 0,588 untuk subskala pengkategorian ukuran tubuh (Self- classified weight). Kesimpulan; diperoleh bahwa variabel persepsi tubuh (body image) tidak memiliki hubungan dengan kejadian anemia.

References

Fatimah S (2017) Hubungan Persepsi Tubuh (Body Image) terhadap Status Anemia pada Remaja Putri di SMA Sederajat Kabupaten Bantul. Universitas Alma Ata Yogyakarta.

Gimon NK, Malonda NS, Punuh MI. 2020. Gambaran Stres Dan Body Image Pada Mahasiswa Semester VI Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas SAM Ratulangi Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal KESMAS, Vol 9(6).

Hastuti R (2021) Psikologi Remaja. Yogyakarta : Penerbit ANDI

Hendarini (2017) Pengaruh Body Image dan Kebiasaan Makan dengan Status Gizi di SMAN 1 Kampar Tahun 2017. Jurnal Gizi : Nutritions Journal, Vol 2(2)

Hutasuhut RM, Supriati (2022) Relationship between Body Image and Dietary Status with Anemia in Adolescent girl in Dusun III Bakaran Batu Village Batang Kuis District Deli Serdang Regency. Science Midwifery Vol 10(2).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2018) Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Anemia Pada Remaja Putri dan Wanita Usia Subur (WUS). Jakarta: Direktorat Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2021) Remaja Sehat Komponen Utama Pembangunan SDM Indonesia, (Online), (https:// www.kemkes.go.id/article/view/21012600002/remaja-sehat-komponenutama-pembangunan-sdm-indonesia.html, diakses 27 Oktober 2022

Khaeriyah S (2015) Persepsi Terhadap Body Image Antara Siswi yang Menggunakan Jilbab dengan Siswi yang Tidak Menggunakan Jilbab (Studi Komparatif di SMK Tirta Sari Surya Jakarta Timur). Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 4(2)

Lee J, Lee Y (2016). The association of body image distortion with weight control behaviors, diet behaviors, physical activity, sadness, and suicidal ideation among Korean high school students: a cross-sectional study. BMC Public Health Vol 16(39)

Marini Amalia M, Rahayu Indriasari NJ. Hubungan Body Image Dengan Perilaku Diet Dan Kadar Hb Pada Remaja Putri Di Sman 10 Kota Makassar.

Masita DD (2018) Hubungan Citra Tubuh dengan Kejadian Anemia pada Remaja di Kabupaten Purworejo. Tesis Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada

Oxford Learner’s Dictionaries. Definition of Body Image, (Online), (https:// www.oxfordlearnersdictionaries.com/definition/english/body-image, diakses 5 Februari 2023)

Pratiwi L, Liswanti Y, Nawangsari H, Dayaningsih D, Fitriani H, Alfiani F, Yulistianingsih A (2022) Anemia Pada Ibu Hamil. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher)

Sari P, Hilmanto D, Herawati DMH, Dhamayanti M (2022) Buku Saku Anemia Defisiensi Besi pada Remaja Putri. Pekalongan: Penerbit NEM

Setyowati ND, Riyanti E, Indraswari R (2017) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Makan Remaja Putri dalam Mencegah Anemia di Wilayah Kerja Puskesmas Ngemplak Simongan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol 5(5)

World Health Organization (2019) Anemia in Woman and Children, (Online), (https://www.who.int/data/gho/data/themes/topics/ anaemia_in_women_and_children, diakses 27 Oktober 2022)

Zulfa WI (2023) Hubungan antara Persepsi Tubuh (body image) dengan Kejadian Anemia pada Remaja Putri di SMA Negeri 1 Sampang. Jurnal Media Gizi Kesmas, Vol 12 (1)

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Wowiling, M., Malonda, N., & Kapantouw, N. (2024). Hubungan antara Persepsi Tubuh dengan Kejadian Anemia pada Remaja Putri di Desa Patokaan Kabupaten Minahasa Utara. JURNAL BIOS LOGOS, 14(1), 17–23. https://doi.org/10.35799/jbl.v14i1.51022