Indonesia KERANGKA KONSEPTUAL: PENERAPAN TEORI ANTRIAN (M/M/1 WITH FINITE SOURCE) DALAM MEMINIMALISIR DEMURRAGE (STUDI KASUS PELAYANAN PEMUATAN KLINKER EKSPOR PT. QWE)

Penulis

  • Mahdar Arianto Telkom University
  • Yunan
  • Arry
  • Anita
  • Afni

DOI:

https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i1.55527

Abstrak

Permasalahan waktu yang digunakan dalam pemuatan kargo di pelabuhan terkadang tidak sesuai dengan kesepakatan yang disepakati oleh pihak penyewa dan pemilik kapal. Dampak yang muncul terhadap perusahaan karena yakni timbulnya demurrage. Maka dari itu, dalam kasus pelayanan pemuatan klinker ekspor PT QWE diusulkan untuk menerapkan teori antrian M/M/1 with finite source untuk meminimalisir demurrage melalui pengaturan antrian pada pengantaran kargo oleh truck dimana truck tersebut diasumsikan memberikan kontribusi yang banyak terhadap keterlambatan pemuatan selama ini.

Kerangka konseptual ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang disimulasikan. Kerangka konseptual ini memberikan usulan untuk menerapkan teori antrian dengan model M/M/1 with finite source yang dihitung menggunakan aplikasi Pom Qm dengan tujuan untuk meminimalisir demurrage melalui pengaturan truck pengantar kargo, kemudian disimulasikan untuk mendapatkan nilai optimal dengan menghitung biaya operasional.

Hasil penelitian dari kerangka konseptual ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap meminimalisir timbulnya demurrage dan diharapkan pula dapat menimbulkan despatch serta keuntungan dari biaya operasional yang efisien.

Referensi

Bahar, s., mananohas, m. L., & montolalu, c. (2018). Model sistem antrian dengan menggunakan pola kedatangan dan pola pelayanan pemohon sim di satuan penyelenggaraan adminstrasi sim resort kepolisian manado. De cartesian, 7(1), 15–21.

Bataona, l. V. B., & nyoko, e. . A. (2020). 3. Analisis sistem antrian dalam optimalisasi layanan di supermarket hyperstore. Journal of management (sme’s), 12, 225–237.

Corporate, s. (2023). Data sekretariat perusahaan pt qwe.

Data ekspor impor nasional. (2024). Bps. Https://www.bps.go.id/exim

Fitria nuur, l. (2020). Penangangan demurrage akibat keterlambatan bongkar bahan baku impor di pt krakatau steel pada tahun 2019. Https://repository.pip-semarang.ac.id/2699/1/531611306204_skripsi open access.pdf

Gross, d., shortle, f. J., thompson, j. M., & harris, c. M. (2008). Fundamentals of queueing theory. John wiley & sons, inc.

Guide, b. (2023). Pengertian demurrage, despatch, dan detention dalam ekspor impor. Inaproduct. Https://ekosistem.inaproduct.com/demurrage-adalah/

Heizer, j., & render, b. (2023). Operations management fourteenth edition. Pearson.

Heizer, j., render, b., & munson, c. (2017). Operations management: sustainability and supply chain management.

Heryana, a., & mahadewi, e. P. (2020). Menentukan sistem antrian optimal: aplikasi teori antrian pada pelayanan kesehatan. Method, 1(1), 1–16. Https://doi.org/10.13140/rg.2.2.25298.58566

Indriyani, i., & anggoro, r. (2022). Analisis biaya tambahan (demurrage) di perusahaan keagenan kapal akibat penundaan penerbitan surat persetujuan berlayar (spb) (studi pada pt. Adi bahari nuansa banten). Saintara : jurnal ilmiah ilmu-ilmu maritim, 6(2), 127–132. Https://doi.org/10.52475/saintara.v6i2.175

Junaedi, l. D. (2018). Pengaruh efisiensi operasional dengan kinerja profitabilitas pada sektor manufaktur yang go public di bursa efek indonesia (bei). Jurnal warta edisi, 53(9), 1689–1699.

Nur, z., kadir, r., & toaha, m. (2022). Dampak demurrage terhadap penjualan ekspor di pt semen tonasa. Seiko : journal of management & business, 4(3), 496–501. Https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2399

Nurmalitasari, l. I. ., & fauzan, m. (2022). Analisis sistem antrianl model multi channel single phase pada teller bank mandiri sleman. Jurnal kajian dan terapan matematika, 8(2), 129–137.

Pellondou, e. H., fanggidae, r. P., & nyoko. (2021). Analisis teori antrian pada jalur sepeda motor stasiun pengisian bahan bakar umum (spbu) oebobo. Glory journal ekonomi dan ilmu sosial, 2. Https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/glory/article/view/4713

Purwanda, s. A. (2019). Analysis of single channel-multi phase queue model. Journal of research in management, 2(1). Https://doi.org/10.32424/jorim.v2i1.59

Render, b., stair jr, r., e. Hanna, m., & s. Hale, t. (2018). Quantitative analysis for management (l. Albelli (ed.); thirteenth). Pearson.

Sekaran, u., & bougie, r. (2016). Research methods for business: a skill building approach (7th ed.). John wiley & sons, inc.

Siagian, s. P. (2023). Manajemen operasi edisi 10 (10th ed.). Salemba empat.

Silaban, D., Jaunanda, M., & Ferdinand, F. (2020). Perceived risk and intention to purchase from overseas sellers in Shopee: Jabodetabek consumer perspective. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(2).

Suyanto, a., nadhifah, i., & putri, s. (2023). Analisis efektivitas layanan di open library telkom university pada level kepuasan pelanggan dengan pengaplikasian teori antrian. Agustus, 22, 215–224. Https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jis/index

Titin, & ghofur, a. (2020). The impact of multichannel’s single phase queue and e-ktp process service on community satisfaction in lamongan regency. Proceedings of the 17 th international symposium on management (insyma 2020), 115, 307–311. Https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200127.063

Yonggara, Y., Murni, S., & Tulung, J. E. (2021). Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Berbasis Tingkat Struktur Modal Pada Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di BEI. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1).

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Arianto, M., Yunani, A., Widodo, A., Silvianita, A., & Rubiyanti, N. (2024). Indonesia KERANGKA KONSEPTUAL: PENERAPAN TEORI ANTRIAN (M/M/1 WITH FINITE SOURCE) DALAM MEMINIMALISIR DEMURRAGE (STUDI KASUS PELAYANAN PEMUATAN KLINKER EKSPOR PT. QWE). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 11(1), 1141–1149. https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i1.55527

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama