PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT PEMBELIAN KONSUMEN

Penulis

  • Immanuela Nobella Sertina Harianja Universitas Kristen Maranatha
  • Kartika Imasari Tjiptodjojo

Abstrak

Perkembangan dan perubahan tren yang secara dinamis telah mendorong banyak industri untuk mengasilkan dan menawarkan produk yang selaras dengan minat dari konsumen. Salah satu industri yang banyak mengalami kemajuan adalah industri fashion khususnya sepatu. Industri sepatu lokal banyak bermunculan salah satunya adalah Ventela. Ventela dapat memproduksi sepatu dalam jumlah besar dengan standar yang tinggi sehingga memungkinkan semua kalangan untuk mendapatkan sepatu yang dengan kualitas yang tinggi serta harga yang masih dapat dijangkau sehingga diharapkan dalam mendorong konsumen untuk mempunyai minat terhadap pembelian sepatu lokal khususnya Ventela. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis apakah citra dari merek, harga serta kualitas dari produk dapat memengaruhi minat pembelian konsumen terhadap produk Ventela. Sampel penelitian sebanyak 140 responden merupakan masyarakat Kota Bandung yang mengenali dan pernah membeli sepatu Ventela. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linier sederhana dengan hasil bahwa citra dari merek dan kualitas dari produk mempunyai pengaruh terhadap minat pembelian, sedangkan harga mempunyai hasil yang berbeda dimana tidak berpengaruh terhadap minat pembelian.

Referensi

Afrianti, F., & Oktawahyudi, I. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian pipa merek triliun pada toko fria bangunan hiang Kabupaten Kerinci. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(1), 152–166. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i1.528

Ardy, H. M. Y., & Nugroho, R. H. (2022). Pengaruh brand image, harga, dan kualitas produk terhadap minat beli emina cosmeticts di bravo swalayan Bojonegoro. Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(4). https://doi.org/https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i4.6822

Ariawan, Hiola, R., & Ebiyanti, N. K. (2024). Kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen pada pakaian second di thrifty culture gorontalo. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, 2(1), 243–261. https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v2i1.1103

Attaqi, M. I., & Prakosa, A. (2023). Faktor- faktor yang memengaruhi kepercayaan merek sepatu olahraga lokal. Ulil Albab : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(8). https://doi.org/10.56799/jim.v2i8.1840

Awalya, S. S., Winarso, W., & Anas, H. (2023). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap minat beli produk sunscreen “merek Azarine” (pada Generasi Z Bekasi). Jurnal Economina, 2(10), 2704–2721. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.895

Christian, A. S. S. (2023). Analisis pengaruh persepsi merek perusahaan, kesadaran merek, kualitas produk dan persepsi harga terhadap niat pembelian ulang. Journal Locus: Penelitian & Pengabdian, 2(8), 766–779. https://doi.org/10.58344/locus.v2i8.1590

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate data analysis (Seventh Edition). Pearson Education Limited.

Hidayati, N., & Yuliandani, L. (2020). Pengaruh beauty vlogger, citra merek, dan label halal terhadap minat beli produk kosmetik wardah. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 12(1), 65–76. https://doi.org/10.37151/jsma.v12i1.50

Pohan, I., Ambarita, R., & Hasibuan, N. (2023). Pengaruh iklan dan harga terhadap minat beli konsumen pada sehat bakery sibuluan indah. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 66–74. https://doi.org/10.59024/jise.v1i3.103

Powa, G. A., Lapian, S. L. H. V. J., & Wenas, R. S. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga, dan word of mouth terhadap minat beli konsumen handphone pada mahasiswa feb unsrat. Jurnal EMBA, 6(3), 1188–1197. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20082

Pujiastuti, E. E., Sadeli, & N, L. Y. (2020). Pengaruh source credibility, review quality dan review quantity terhadap brand image dan purchase intention (Studi tentang produk wardah pada siswi jurusan kecantikan di smk negeri. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 3(2), 172–190. https://doi.org/10.25139/jai.v3i2.2315

Pujiati, H., Yosepha, S. Y., & Aditia, Y. (2023). Pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi terhadap minat beli kopi kenangan pada mall ambassador, jakarta selatan. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 6(2), 88–100. https://doi.org/10.33753/madani.v6i2.270

Putra, R. F., & Komariah, N. S. (2022). Pengaruh citra merek dan desain produk terhadap keputusan pembelian sepatu compass. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen , 18(2). https://doi.org/10.31599/jiam.v18i2.1544

Ramadhan, M. F. R., & Daulay, M. Y. I. (2024). Pengaruh brand image, price dan sosial media marketing terhadap purchase decision pada produk sepatu lokal di kota Bengkulu. JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 8(1), 1485–1497. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3857

Ramahdani, N. I., & Fairliantina, E. (2022). Pengaruh kualitas produk, promosi, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian Fore Coffee. Jurnal Ecoment Global, 8(2), 18–29. https://doi.org/10.35908/jeg.v8i2.2945

Sandy, N. F., & Aquinia, A. (2022). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan, dan persepsi harga terhadap niat beli ulang (Studi pada apotik k24 cabang Gubug). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(1). https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1

Sukma, H. A. R. (2023). Fashion sebagai kritik sosial (Analisis semiotika pada komunitas ounk surabaya). Sintesa, 1(2), 8–21. https://doi.org/10.30996/sintesa.v1i2.8184

Widiati, A., & Pratiwi, D. (2022). Pengaruh ulasan dan penilaian pelanggan, kualitas layanan, dan harga terhadap minat beli konsumen pada pasar online shopee pada mahasiswa di Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 68–76. https://doi.org/https://doi.org/10.34308/eqien.v9i2.445

Yuliana, S., & Maskur, A. (2022). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, kualitas layanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi pada pelanggan sinestesa coffeshop pati). Seiko: Journal of Management and Business, 5(1), 2022–2559. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1772

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Harianja, I. N. S., & Tjiptodjojo, K. I. (2024). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT PEMBELIAN KONSUMEN. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 11(1), 809–817. Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jmbi/article/view/54759