Peran Masyarakat Kelurahan Batuputih Bawah dan Kelurahan Batuputih Atas terhadap Perlindungan Hutan dan Lahan dari Kebakaran di Kecamatan Ranowulu Kota Bitung Sulawesi Utara

Authors

  • Serly Lumabi Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, Manado.
  • Semuel P. Ratag Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, Manado.
  • Josephus I. Kalangi Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, Manado

DOI:

https://doi.org/10.35791/sil.v1i1.41301

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran serta masyarakat Kelurahan Batuputih Bawah dan Batuputih Atas Kecamatan Ranowulu dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2021, menggunakan metode wawancara dengan instrumen kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, data disajikan dalam bentuk diagram dan tabulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, Peran Masyarakat Kelurahan Batuputih Terhadap Perlindungan Hutan dan Lahan dari Kebakaran Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung mencakup tiga hal yakni (1) pencegahan yaitu mengikuti kegiatan penyuluhan/sosialisasi terkait kebakaran hutan, tidak membuang puntung rokok dengan sembarangan, mematikan kembali api yang digunakan saat pembukaan lahan, kegiatan patroli dan monitoring, pemasangan papan peringatan/larangan kawasan rawan kebakaran, dan sanksi pidana bagi mereka yang melanggar; (2) Pemadaman yaitu turut serta saat pemadaman kebakaran hutan; dan (3) Penanganan pasca kebakaran yaitu mengikuti kegiatan.

References

Adinugroho, W.C., I.N.N. Suryadiputra, B.H. Saharjo, dan L. Siboro. 2005. Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut. Wetlands International-IP. Bogor.

Hasan, M.I. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.

Huri, R.U., S. Sukarelawati, dan M. Fitriah. 2019. Perilaku Sosial Muslim terhadap LGBT dalam Film Cinta Fiisabiilillah Versi Youtube. Jurnal Komunikatio, 5(1)15-18.

Rahmawati. 2004. Hutan: Fungsi dan Peranannya Bagi Masyarakat. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Rasyid, F. 2014. Permasalahan dan Dampak Kebakaran Hutan. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4): 47-59.

Wirartha I.M. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Gaha Ilmu. Yogyakarta

Downloads

Published

2022-06-22

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>