Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for CHEMISTRY PROGRESS?
Go to Login

 

Author Guidelines

Jenis tulisan yang diterima

Chemistry Progress menerima tulisan/artikel ilmiah hasil penelitian, survei, review, telaah pustaka dan jenis tulisan scientific lain yang berkaitan dengan ilmu kimia. Naskah harus belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk dipublikasikan di media lainnya. Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris.

 

Pemasukan naskah

Naskah dalam bentuk file softcopy dimasukkan ke redaksi Chemistry Progress melalui email sebagai attachment ke chemistryprogress@unsrat.ac.id

 

Penulis

Semua penulis naskah harus sudah menyetujui pengiriman naskah ke Chemistry Progress (termasuk setuju dengan urutan nama penulis) dengan mengirimkan biodata penulis. Satu dari penulis menjadi corresponding author (tidak harus nama pertama tetapi harus memiliki alamat email) yang mewakili semua penulis naskah untuk mengadakan komunikasi dengan Chemistry Progress terkait naskah yang dimasukkan.

 

Format naskah

Naskah diketik 1,5 spasi menggunakan microsoft word pada kertas A4 dengan batas kiri 3 cm dan batas kanan, atas dan bawah 2,5 cm. Jenis font yang digunakan adalah Times new roman dengan ukuran 12 pt. Panjang naskah tidak melebihi 10 halaman (termasuk ilustrasi: gambar, tabel, peta, foto dsb). Jangan gunakan pengaturan paragraf justify atau tanda (-) untuk mengatur batas kanan naskah melainkan gunakan align text left (rata kiri). Jangan juga menggunakan caption dari microsoft word untuk memberi judul ilustrasi (tabel, gambar, foto dsb) melainkan ketikkan judul di atas tabel atau di bawah ilustrasi lainnya. Ilustrasi (dengan resolusi yang baik) yang digunakan dalam naskah harus dimasukkan dalam file terpisah dan terbatas pada file JPEG, GIF dan file microsoft excel dan microsoft power point. 

 

Struktur artikel

Struktur artikel disusun secara berurutan sebagai berikut:

 

JUDUL. Judul harus singkat dan jelas dengan maksimal 15 kata (Bahasa Indonesia) atau 12 kata (Bahasa Inggris). Apabila tidak terhindarkan, pisahkan sebagian kata menjadi anak judul. Hindari kata-kata klise seperti penelitian, studi perbandingan, penelaahan terhadap, pengaruh pemberian dsb. Hindari pula penggunaan kata kerja pada awal judul, singkatan atau akronim kecuali untuk yang bersifat umum, dan nama latin untuk organisme yang telah dikenal luas identitasnya.

 

NAMA PENULIS DAN IDENTITAS KERJA. Nama lengkap semua penulis harus dituliskan diikuti dengan identitas kerja penulis seperti dicontohkan berikut:

John Dalton1, Ernest Rutherford2 dan Niehls Bohr1

1Jurusan Kimia Fakultas MIPA UNSRAT Manado

2Jurusan Kimia Fakultas MIPA UGM Yogyakarta

 

ABSTRAK. Abstrak hanya terdiri dari satu alinea (1 spasi) dan ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Di dalam abstrak harus terdapat tujuan, metode, hasil dan kesimpulan yang disampaikan secara jelas. Abstrak harus dapat berdiri sendiri dan tidak lebih dari 200 kata. Hindari penggunaan referensi dalam abstrak.

Keywords. Tuliskan 3-5 kata kunci (keywords).

PENDAHULUAN. Pendahuluan harus mengantar langsung kepada inti pokok penelitian atau masalah pokok yang dihadapi, serta didukung oleh acuan pustaka primer dan mutakhir. Alasan penelitian (latar belakang) hendaknya dilengkapi dengan tujuan dan hipotesis (jika diperlukan). Hindari penggunaan literatur yang berlebihan atau yang tidak berkaitan dengan naskah.

 

BAHAN DAN METODE.  Bagian ini terdiri atas: bahan (asal dan kualifikasi), alat (hanya alat utama yang sangat menentukan hasil penelitian, sebutkan nama, merk dan kualifikasinya) dan cara kerja yang meliputi prosedur kerja dan analisis data.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN. Hasil disajikan secara logis, singkat dan sistematis (tabel dan ilustrasi penting harus disertakan). Pembahasan merupakan tinjauan atas hasil penelitian; terkait didalamnya argumentasi logis serta perbandingan dengan hasil-hasil penelitian lain (rujukan literatur).

 

KESIMPULAN. Kesimpulan bukan merupakan kesimpulan statistik semata melainkan interpretasinya setelah dikaitkan dengan latar belakang dan tujuan penelitian. Pernyataan dalam kesimpulan harus bersifat kritis, konkrit dan bermakna tunggal.

 

UCAPAN TERIMA KASIH. Ucapan terima kasih hanya ditujukan kepada pihak yang membantu secara finansial.

 

Penulisan DAFTAR PUSTAKA:

 

Buku:

Henze, M., Jansen, J.L.C. & Arvin, E. 2002. Wastewater treatment: Biological and chemical processes. Berlin: Springer.

 

Satu bab dalam buku yang diedit:

Brunnemann, K. & Hoffmann, D. 1994. Analysis of tobacco-specific nitrosamines in tobacco and tobacco smoke. Nitrosamines and Related N-Nitroso Compounds (pp. 369-371). Washington, DC: American Chemical Society.

 

Jurnal:

Hasegawa, R., Futakuchi, M., Mizoguchi, Y., Yamaguchi, T., Shirai, T., Ito, N. & Lijinsky, W. 1998. Studies of initiation and promotion of carcinogenesis by N-nitroso compounds. Cancer Letters. 123(2), 185-191.

 

Sumber online:

USEPA. 1987. Integrated Risk Information System N-Nitrosodimethylamine (CASN 62-75-9). http://www.epa.gov/ncea/iris/subst/0045.htm. [25 Maret 2009].

 

Kutipan dalam naskah:

Pustaka yang dikutip ditulis dalam tanda kurung seperti “Smith & Mudder (1991) melaporkan...”. Untuk pustaka dengan penulis lebih dari dua ditulis dengan singkatan dkk seperti: “studi literatur memberikan hasil yang berbeda (Einstein dkk., 2001).”. Untuk naskah bahasa Inggris, dkk diganti dengan et al.. Pengutipan lebih dari dua pustaka untuk satu hal ditulis secara alfabetis dan dipisahkan dengan tanda “;” seperti: “(Bohr, 2004; Smith & Mudder, 2002)”.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.