Korelasi fenolat total dan flavonoid total dengan antioksidan dari beberapa sediaan ekstrak buah tanjung (Mimusops elengi)

Authors

  • Cahya Perwiratami Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.35799/cp.7.1.2014.4853

Abstract

Tanaman Tanjung (Mimusops elengi L.) dilaporkan memiliki beberapa aktivitas yang sangat potensial, dan diduga erat hubungannya dengan keberadaan senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan. Dalam penelitian ini, korelasi antara aktivitas antioksidant dengan kandungan fenolat total dan flavonoid total telah diusulkan untuk tiga jenis ekstrak. Ekstrak etanol (EEt), ekstrak  etilasetat (EEA), dan  ekstrak aseton (EAs) diperoleh melalui ekstraksi pada suhu 60oC. Aktivitas antioksidan ketiga sampel diuji dengan peredaman radikal DPPH,  fenolat total dengan metode Follin Ciocalteu, dan flavonoid total dengan pembentukan kompleks AlCl3. Rendemen ekstrak terbesar dimiliki oleh EEt (15,2%) diikuti dengan EAs (3,9%) dan EEA (1,2%). Ketiga ekstrak menunjukkan uji positif terhadap senyawa fenolat dan flavonoid.  Aktivitas antioksidan terbesar dimiliki oleh EEA (IC50 99,8ppm).  Ekstrak EEA ini juga memperlihatkan kandungan fenolat (107,0mg GAE/g ekstrak) dan flavonoid (1432,3 mg QE/g ekstrak) terbesar dibanding dengan dua ekstrak yang lainnya. Walaupun demikian, bila rendemen ekstrak dimasukkan dalam perhitungan, maka EEt memiliki jumlah fenolat dan flavonoid terbesar per gram sampel kering asal. Ploting IC50 dengan phenolat total menunjukkan r= 0,9714, sedangkan dengan flavonoid total memiliki r = 0,9993. Terdapat korelasi berbanding lurus antara aktivitas antioksidan dengan fenolat total dan antioksidan dengan  flavonoid total. Senyawa fenolat dan flavonoid diusulkan memegang peran penting dalam aktivitas antioksidan buah tanjung.

 

Keywords : Mimusops elengi L., total fenolat, total flavonoid, antioksidan

Downloads

Published

2019-12-13

How to Cite

Perwiratami, C. (2019). Korelasi fenolat total dan flavonoid total dengan antioksidan dari beberapa sediaan ekstrak buah tanjung (Mimusops elengi). CHEMISTRY PROGRESS, 7(1). https://doi.org/10.35799/cp.7.1.2014.4853

Issue

Section

Articles