KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE (Studi di Desa Manembo Kec. Passi Timur Kab. Bolaang Mongondow)

Authors

  • Semi Serviko Salendu Program Studi Ilmu Politik Unsrat
  • Arpi Rondonuwu Program Studi Ilmu Politik Unsrat
  • Johny P Lengkong Program Studi Ilmu Politik Unsrat

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Kepemimpinan Kepala Desa Manembo Dalam Mewujudkan Prinsip-prinsipGood Governance Di Desa Manembo Kec.Passi Timur Kab. Bolaang Mongondow. Saat ini paradigma goodgovernance bagi aparatur Negara cenderung mengabaikan pentingnya melaksanakan kepemrintahan yang baik, hal ini bisa di lihat dari para birokrat pemerintah baik itu di Kabupaten, Kecamatan maupun di Desa padahal dalam perspektif Otonomi Daerahdi Indonesia, penerapan good governance merupakan suatu hal yang baik dalam upaya mewujudkan pemerintahan daerah atau local governanceyang transparan, akuntabel,efektif,efisien, mandiri serta bebas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Kemudian menggunakan teori Good Governance Mardiasmo (2009:18) yaitu dilihat dari ; transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala desa manembo dilihat dari transparansi dalam mewujudkan good governance belum  berjalan dengan baik, ada beberapa kegiatan yang tidak di informasikan pemerintah  dari beberapa kegiatan yang ada di desa manembo.

 

 

Kata Kunci: : Kepemimpinan, Kepala Desa, Good Governance

 

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Salendu, S. S., Rondonuwu, A., & Lengkong, J. P. (2022). KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE (Studi di Desa Manembo Kec. Passi Timur Kab. Bolaang Mongondow). JURNAL EKSEKUTIF, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/42151

Issue

Section

Articles