Pengaruh Bentuk Kemasan, Desain Produk Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen
(Studi Kasus Kopi Yamira)
DOI:
https://doi.org/10.35797/jab.13.2.111-115Kata Kunci:
bentuk kemasan; desain produk; bahan (material) kemasan; minat beli konsumen.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh desain produk, bentuk kemasan dan bahan (material) kemasan terhadap minat beli konsumen. Sampel dari penelitian ini adalah konsumen pembeli produk Kopi Yamira, Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, dengan jumlah sample 100 orang responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa bentuk kemasan, desain produk dan bahan (material) kemasan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemasan Kopi Yamira mampu meningkatkan minat pembelian konsumen.Referensi
Yulindo Kenshi, 2012. “Pengaruh Atribut- Atribut produk Terhadap keputusan Pembelian Green Product Cosmetics Sariayu Martha Tilaar Di Kota Padang”. Jurnal Nasional.
Tjiptono, Fandy, (2001), Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi, Edisi Ketiga, Cetakan Kesatu.
Klimchuk, Marrianne Rosner and Krasovec Sandra A. 2007. Desain Kemasan Erlangga. Jakarta
Abhilasha Pathak, The cognitive power of product Packaging, IOSR Journal of Business and Management (IOSR- JBM) e-ISSN: 2278-487X, p-ISSN:
-7668. Volume 16, Issue 7. Ver.
II (July. 2014), PP 61-64
Imam, Ghozali, (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Christine Suharto Cenadi, Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran, NIRMANA Vol. 2, No. 1, Januari
: 92 – 103.
Davoud Feiz, Azim Zarei, Bijan Rezaei, Effect of Packaging on Purchase Intention of Consumer (Case Study: Date Products in Shiraz), Arth Prabhand: A Journal of Economics
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, PT. Indeks, Jakarta, 2003.
Kotler, Philip Gary Armstrong. 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1, Erlangga, Jakarta and Management, Vol. 3 Issue 11 November 2014, ISSN 2278-0629,
pp. 236-246(Special Issue on Basic and Applied Sciences).
Marjan Abbasi, The Effect of Packaging Factors on Customer Purchase.
Intention with Cognitive-Perceptual Approach (Case Study: Manufacturing - Commerce Firms at Industrial City Of Abbas Abad of Tehran), International journal of humanities and cultural studies.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.