The PERANAN CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA LOYALITAS KONSUMEN SMARTPHONE MEREK APPLE
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i2.48854Abstrak
Perkembangan teknologi sudah sangatlah maju di era global saat ini. Terdapat banyak merek yang beredar dipasaran seperti Apple, Samsung, Oppo, dan sebagainya. Penggunaan Apple di Indonesia sendiri sangat banyak diminati oleh masyarakat karena dari segi merek, kualitas, hingga mencapai kepuasan sehingga mereka menjadi loyal kepada merek tersebut.Tujuan penelitian ini dibuat adalah untuk menguji dan menganalisis apakah ada peranan citra merek, kualitas produk, kepuasan konsumen pada loyalitas konsumen. Metode dalam penelitian yang dilakukan menggunakan teknik sampling yaitu purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner ke 200 orang responden. Sampel dari penelitian yang dilakukan adalah orang yang menggunakan smartphone merek apple. Setelah mengumpulkan data maka akan diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas, serta uji asumsi klasik multikolonieritas dan heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda. Dari hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan ada dampak positif dari citra merek, kualitas produk, dan kepuasan konsumen pada loyalitas konsumen.
Referensi
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2015). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Bisnis Dan Manajemen Islam, 3.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk hi jack sandals Bandung. In Jurnal Wawasan Manajemen (Vol. 7, Issue 1).
Ettah, N. P., & Pondaag, J. J. (2019). The Effect of Trust, Customer Satisfaction And Service Quality Toward Customer Loyalty In Purchase A Car On Pt. Hasjrat Abadi Manado. 7(3), 3069–3078.
International Data Corporation. (2023). Smartphone Market Share. https://www.idc.com/promo/smartphone-market-share
Julius, Y., & Limakrisma, N. (2016). Manajemen pemasaran : ( model kepuasan dan loyalitas pelanggan ) / Prof. Dr. Ir. Yudi Julius., MBA., Dr. Ir. Nandan Limakrisma., MM., CQM., CMA. (1st ed.). Deepublish.
Kansil, D. F., Tulung, J. E., & Pandowo, M. H. C. (2022). Antecedent Peer-To-Peer Lending Investment Intention In Manado. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(1). https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i2.42345
Kenneth, E. C., & Donald, B. (2018). Integrated advertising, promotion and marketing communications (8th ed.). Pearson.
Kolonio, J., & Soepeno, D. (2019). Pengaruh Service Quality, Trust, Dan Consumer Satisfaction Terhadap Consumer Loyalty Pada Cv. Sarana Marine Fiberglass Effect Of Service Quality, Trust, And Consumer Satisfaction On Consumer Loyalty On Cv. Marine Fiberglass Facilities. Jurnal EMBA, 7(1), 831–840.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Harlow, Essex Pearson Education Limited.
Lestari, D. A., & Nurhadi. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek Produk Kosmetik Wardah Di Surabaya Selatan. https://www.wardahbeauty.com/
Margaretha, D. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Saluran Distribusi Terhadap Loyalitas Merek Melalui Kepuasan Pelanggan.
Musay, F. P. (2013). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian.
Pada, A. T., Malik, A. J., & Amelia, L. H. (2021). Pembelajaran dari Kaizen Event di Masa Pandemi Covid 19: Studi Kasus pada Toyota Kalla, Indonesia. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.36021
Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati. (2017). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek brand image terhadap keputusan pembelian motor. 14(1), 16–23.
Rimiyati, H., & Widodo, C. (2014). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Merek Samsung Galaxy Series (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). www.samsung.com
Sari Dewi, L. G. P., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabaya, Indonesia. SHS Web of Conferences, 76, 01023. https://doi.org/10.1051/shsconf/20207601023
Semuel, H., & Audrey, Y. (2020). Pengaruh Product Quality Terhadap Word Of Mouth Dan Customer Satisfaction Sebagai Mediasi Pada Customer Greenly Surabaya.
Sumartini, L. C., & Tias, D. F. A. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja. In Tahun (Vol. 3, Issue 2).
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2013). Service, Quality & Satisfaction (3rd ed.). Andi.




