FORMULASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN SHEET MASK DENGAN EKSTRAK AIR TERIPANG PASIR (Holothuria scabra)

Authors

  • Devi Wulansari Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang
  • Iman Mukhaimin Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang
  • Nuraeni Nuraeni Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang
  • Rika Sebtiana Kristantri Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi "Yayasan Pharmasi Semarang"

DOI:

https://doi.org/10.35800/mthp.11.1.2023.43574

Keywords:

Teripang pasir, aktivitas antioksidan, sheet mask

Abstract

Teripang merupakan salah satu komoditas ekspor yang cukup besar di Indonesia. Pemanfaatan teripang di Indonesia kurang popular disebabkan penampilan yang kurang diminati oleh konsumen. Ekstrak teripang pasir dapat diaplikasikan untuk meningkatkan kesehata\n kulit menggunakan masker kertas/sheet mask. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui formulasi dan uji aktivitas antioksidan sediaan sheet mask dengan penambahan ekstrak air teripang pasir. Pembuatan sheet mask menggunakan bahan utama ekstrak air teripang pasir.
Pengujian ekstrak teripang pasir meliputi uji aktivitas antioksidan, uji viskositas, uji kadar air, uji ALT dan uji hedonik. Hasil pengujian antioksidan menunjukkan konsentrasi ekstrak teripang pasir yang memiliki aktivitas antioksidan tertinggi adalah konsentrasi 9% dengan dengan nilai IC50 pada konsentrasi 999,39 ppm dan nilai ALT 1,9 x 101 cfu/gram. Nilai uji hedonik menunjukkan pada konsentrasi 9% disukai kenampakan dan aromanya dengan skor rata-rata 7,87 dan 7,93 secara berurutan.

Author Biography

Devi Wulansari, Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang

Program Studi Teknik Pengolahan Hasil Perikanan

Downloads

Published

12/07/2022

How to Cite

Wulansari, D., Mukhaimin, I., Nuraeni, N., & Kristantri, R. S. (2022). FORMULASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN SHEET MASK DENGAN EKSTRAK AIR TERIPANG PASIR (Holothuria scabra). Media Teknologi Hasil Perikanan, 11(1), 11–17. https://doi.org/10.35800/mthp.11.1.2023.43574

Issue

Section

Articles