Pemberdayaan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelatihan dan Pengenalan Konservasi Lamun (Seagrass) di Desa Lobbo, Kabupaten Kepulauan Talaud

Authors

  • Pience Maabuat Jurusan Biologi FMIPA Universitas Sam Ratulangi
  • Beivy Jonathan Kolondam Jurusan Biologi FMIPA Universitas Sam Ratulangi
  • Marnix Lukman Direns Langoy Jurusan Biologi FMIPA Universitas Sam Ratulangi
  • Marina Flora Oktaviane Singkoh Jurusan Biologi FMIPA Universitas Sam Ratulangi
  • Regina Rosita Butarbutar Jurusan Biologi FMIPA Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35801/tsss.v7i2.63902

Keywords:

Lamun, Lobbo, Talaud, Identifikasi, Pengabdian

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan siswa Sekolah Dasar (SD) di Desa Lobbo, Kabupaten Kepulauan Talaud, melalui pelatihan dan pengenalan konservasi lamun. Lamun merupakan ekosistem pesisir yang penting keberadaannya di pesisir pantai, sebagai penyangga yang dapat berfungsi secara ekologis sebagai penyerap karbon, tempat pemijahan biota laut, dan pencegah abrasi. Namun saat ini kondisinya terancam akibat aktivitas manusia yang dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan akan manfaat serta fungsinya. Untuk itu perlu dilakukan suatu upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan mengenal melalui morfologi, fungsi, ancaman dan bagaimana konservasinya. Kegiatan dilaksanakan di SDK Effata dan SDN Inpres 7/83 dengan metode yang digunakan berupa pembelajaran partisipatif, yang mencakup ceramah interaktif, Pelatihan dengan alat peraga yang disiapkan berupa herbarium dan evaluasi melalui pre-test dan post-test. Data hasil tes awal dan tes akhir hasil yang diperoleh dari 28 siswa peserta menunjukkan peningkatan pemahaman yang sangat signifikan.  Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil test awal yaitu mayoritas siswa 78,5% berada pada kategori nilai rendah (0-60). Setelah pelatihan, tidak ada lagi siswa yang berada pada kategori rendah, dan seluruh siswa (100%) berhasil mencapai kategori nilai sedang hingga tinggi (61-100), dengan 60,7% siswa bahkan mencapai kategori tinggi (81-100). Hasil ini menunjukkan bahwa pelatihan ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa terhadap konservasi lamun di daerah kepulauan terpencil.

Author Biography

Pience Maabuat, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Sam Ratulangi

References

Ardoin, N. M., and Bowers, A. W. (2020). Early childhood environmental education: A systematic review of the research literature. Educational Research Review, Vol. 31 (100-353).

Ballantyne, R., and Packer, J. (2000). Introducing a fifth pedagogy: experience‐based strategies for facilitating learning in natural environments. Environmental Education Research, Vol.15 No. 2 (243-262)

Brodersen, K. E., Lichtenberg, M., Ralph, P. J., Kühl, M., & Wangpraseurt, D. (2019). Epiphyte-cover on seagrass (Zostera marina) leaves impedes plant performance and accelerates meadow decline. New Phytologist, Vol. 224 No. 2 (903–914)

Cullen-Unsworth, L. C. & Unsworth, R. K. F. (2016). Strategies to enhance the resilience of the world’s seagrass meadows. Journal of Applied Ecology, Vol.53 No.4 (967-972).

de la Torre-Castro, M., Di Carlo, G., & Jiddawi, N. S. (2023). Seagrass ecosystem governance: Perspectives from the Western Indian Ocean. Marine Policy, Vol.148 (105-447).

Duarte, C. M., Agusti, S., Barbier, E., Britten, G. L., Castilla, J. C., Gattuso, J. P., Fulweiler, R. W., Hughes, T. P., Knowlton, N., Lovelock, C. E., Lotze, H. K., Predragovic, M., Poloczanska, E., Roberts, C., & Worm, B. (2022). Rebuilding marine life. Nature, Vol.580 No. 7801 (39–51)

Hyndes, G. A., Heck Jr, K. L., Vergés, A., Harvey, E. S., Kendrick, G. A., Lavery, P. S., McMahon, K., Orth, R. J., Pearce, A., Vanderklift, M. A., & Sherman, C. D. (2023). The role of seagrasses in coastal protection. Dalam F. T. Short, R. G. Coles, & C. A. Short (Ed.), Seagrass Ecosystems (hlm. 267–294). Elsevier

James, R. K., Silva, R., van Tussenbroek, B., Escudero-Castillo, M., Mariño-Tapia, I., Dijkstra, H. A., van der Boog, C. G., Rijsingen, E. M., van der Weerd, M., & van der Heide, T. (2023). Maintaining tropical beaches with seagrass and algae: A promising alternative to engineering solutions. BioScience, Vol.73 No.7 (481–496)

Kendrick, G. A., Nowicki, R., Olsen, Y. S., Strydom, S., Fraser, M. W., Sinclair, E. A., Statton, J., Hovey, R. K., Thomson, J. A., Burkholder, D. A., McMahon, K. M., & Kilminster, K. (2019). A systematic review of how multiple stressors impact seagrass ecosystem services. Frontiers in Marine Science, Vol. 6 (484).

Kollmuss, A., and Agyeman, J. (2002). Mind the Gap: Why do people act environmentally and what are the barriers to pro-environmental behavior? Environmental Education Research, Vol. 8 No. 3 (239-260).

Macreadie, P. I., Costa, M. D., Atwood, T. B., Friess, D. A., Kelleway, J. J., Kennedy, H., Lovelock, C. E., Serrano, O., & Duarte, C. M. (2021). Blue carbon as a natural climate solution. Nature Reviews Earth & Environment, Vol. 2 No. 12 (826–839)

Nordlund, L. M., Jackson, E. L., Nakaoka, M., Samper-Villarreal, J., Beca-Carretero, P., & Creed, J. C. (2018). Seagrass ecosystem services: A review. Estuarine, Coastal and Shelf Science, Vol.212 (259–268)

Orth, R. J., Lefcheck, J. S., McGlathery, K. S., Aoki, L., Luckenbach, M. W., Moore, K. A., Oreska, M. P. J., Snyder, R., Wilcox, D. J., & Lazzari, D. (2020). Restoration of seagrass habitat leads to rapid recovery of coastal ecosystem services. Science Advances, Vol. 6 No.41

Statton, J., McMahon, K. M., Lavery, P. S., & Kendrick, G. A. (2023). Seagrass restoration: A critical review. Biological Reviews, Vol.98 No. 1 (1–23).

UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

United Nations Environment Programme. (2020). Out of the blue: The value of seagrasses to the environment and to people. UNEP.

Unsworth, R. K. F., McKenzie, L. J., Collier, C. J., Cullen-Unsworth, L. C., Duarte, C. M., Eklöf, J. S., Jarvis, J. C., Jones, B. L., & Nordlund, L. M. (2021). Global challenges for seagrass conservation. Ambio, Vol.50 No. 4 (801–815)

Unsworth, R. K. F., McKenzie, L. J., Collier, C. J., Cullen-Unsworth, L. C., Duarte, C. M., Eklöf, J. S., Jarvis, J. C., Jones, B. L., & Nordlund, L. M. (2019). Global challenges for seagrass conservation. Ambio, Vol. 48 No.8 (801-815).

Downloads

Published

2025-10-08

How to Cite

Maabuat, P., Kolondam, B. J., Langoy, M. L. D., Singkoh, M. F. O., & Butarbutar, R. R. (2025). Pemberdayaan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelatihan dan Pengenalan Konservasi Lamun (Seagrass) di Desa Lobbo, Kabupaten Kepulauan Talaud. The Studies of Social Sciences, 7(2), 160–166. https://doi.org/10.35801/tsss.v7i2.63902

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.