Pemberdayaan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelatihan dan Pengenalan Konservasi Lamun (Seagrass) di Desa Lobbo, Kabupaten Kepulauan Talaud
DOI:
https://doi.org/10.35801/tsss.v7i2.63902Keywords:
Lamun, Lobbo, Talaud, Identifikasi, PengabdianAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan siswa Sekolah Dasar (SD) di Desa Lobbo, Kabupaten Kepulauan Talaud, melalui pelatihan dan pengenalan konservasi lamun. Lamun merupakan ekosistem pesisir yang penting keberadaannya di pesisir pantai, sebagai penyangga yang dapat berfungsi secara ekologis sebagai penyerap karbon, tempat pemijahan biota laut, dan pencegah abrasi. Namun saat ini kondisinya terancam akibat aktivitas manusia yang dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan akan manfaat serta fungsinya. Untuk itu perlu dilakukan suatu upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan mengenal melalui morfologi, fungsi, ancaman dan bagaimana konservasinya. Kegiatan dilaksanakan di SDK Effata dan SDN Inpres 7/83 dengan metode yang digunakan berupa pembelajaran partisipatif, yang mencakup ceramah interaktif, Pelatihan dengan alat peraga yang disiapkan berupa herbarium dan evaluasi melalui pre-test dan post-test. Data hasil tes awal dan tes akhir hasil yang diperoleh dari 28 siswa peserta menunjukkan peningkatan pemahaman yang sangat signifikan. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil test awal yaitu mayoritas siswa 78,5% berada pada kategori nilai rendah (0-60). Setelah pelatihan, tidak ada lagi siswa yang berada pada kategori rendah, dan seluruh siswa (100%) berhasil mencapai kategori nilai sedang hingga tinggi (61-100), dengan 60,7% siswa bahkan mencapai kategori tinggi (81-100). Hasil ini menunjukkan bahwa pelatihan ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa terhadap konservasi lamun di daerah kepulauan terpencil.
References
Ardoin, N. M., and Bowers, A. W. (2020). Early childhood environmental education: A systematic review of the research literature. Educational Research Review, Vol. 31 (100-353).
Ballantyne, R., and Packer, J. (2000). Introducing a fifth pedagogy: experience‐based strategies for facilitating learning in natural environments. Environmental Education Research, Vol.15 No. 2 (243-262)
Brodersen, K. E., Lichtenberg, M., Ralph, P. J., Kühl, M., & Wangpraseurt, D. (2019). Epiphyte-cover on seagrass (Zostera marina) leaves impedes plant performance and accelerates meadow decline. New Phytologist, Vol. 224 No. 2 (903–914)
Cullen-Unsworth, L. C. & Unsworth, R. K. F. (2016). Strategies to enhance the resilience of the world’s seagrass meadows. Journal of Applied Ecology, Vol.53 No.4 (967-972).
de la Torre-Castro, M., Di Carlo, G., & Jiddawi, N. S. (2023). Seagrass ecosystem governance: Perspectives from the Western Indian Ocean. Marine Policy, Vol.148 (105-447).
Duarte, C. M., Agusti, S., Barbier, E., Britten, G. L., Castilla, J. C., Gattuso, J. P., Fulweiler, R. W., Hughes, T. P., Knowlton, N., Lovelock, C. E., Lotze, H. K., Predragovic, M., Poloczanska, E., Roberts, C., & Worm, B. (2022). Rebuilding marine life. Nature, Vol.580 No. 7801 (39–51)
Hyndes, G. A., Heck Jr, K. L., Vergés, A., Harvey, E. S., Kendrick, G. A., Lavery, P. S., McMahon, K., Orth, R. J., Pearce, A., Vanderklift, M. A., & Sherman, C. D. (2023). The role of seagrasses in coastal protection. Dalam F. T. Short, R. G. Coles, & C. A. Short (Ed.), Seagrass Ecosystems (hlm. 267–294). Elsevier
James, R. K., Silva, R., van Tussenbroek, B., Escudero-Castillo, M., Mariño-Tapia, I., Dijkstra, H. A., van der Boog, C. G., Rijsingen, E. M., van der Weerd, M., & van der Heide, T. (2023). Maintaining tropical beaches with seagrass and algae: A promising alternative to engineering solutions. BioScience, Vol.73 No.7 (481–496)
Kendrick, G. A., Nowicki, R., Olsen, Y. S., Strydom, S., Fraser, M. W., Sinclair, E. A., Statton, J., Hovey, R. K., Thomson, J. A., Burkholder, D. A., McMahon, K. M., & Kilminster, K. (2019). A systematic review of how multiple stressors impact seagrass ecosystem services. Frontiers in Marine Science, Vol. 6 (484).
Kollmuss, A., and Agyeman, J. (2002). Mind the Gap: Why do people act environmentally and what are the barriers to pro-environmental behavior? Environmental Education Research, Vol. 8 No. 3 (239-260).
Macreadie, P. I., Costa, M. D., Atwood, T. B., Friess, D. A., Kelleway, J. J., Kennedy, H., Lovelock, C. E., Serrano, O., & Duarte, C. M. (2021). Blue carbon as a natural climate solution. Nature Reviews Earth & Environment, Vol. 2 No. 12 (826–839)
Nordlund, L. M., Jackson, E. L., Nakaoka, M., Samper-Villarreal, J., Beca-Carretero, P., & Creed, J. C. (2018). Seagrass ecosystem services: A review. Estuarine, Coastal and Shelf Science, Vol.212 (259–268)
Orth, R. J., Lefcheck, J. S., McGlathery, K. S., Aoki, L., Luckenbach, M. W., Moore, K. A., Oreska, M. P. J., Snyder, R., Wilcox, D. J., & Lazzari, D. (2020). Restoration of seagrass habitat leads to rapid recovery of coastal ecosystem services. Science Advances, Vol. 6 No.41
Statton, J., McMahon, K. M., Lavery, P. S., & Kendrick, G. A. (2023). Seagrass restoration: A critical review. Biological Reviews, Vol.98 No. 1 (1–23).
UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.
United Nations Environment Programme. (2020). Out of the blue: The value of seagrasses to the environment and to people. UNEP.
Unsworth, R. K. F., McKenzie, L. J., Collier, C. J., Cullen-Unsworth, L. C., Duarte, C. M., Eklöf, J. S., Jarvis, J. C., Jones, B. L., & Nordlund, L. M. (2021). Global challenges for seagrass conservation. Ambio, Vol.50 No. 4 (801–815)
Unsworth, R. K. F., McKenzie, L. J., Collier, C. J., Cullen-Unsworth, L. C., Duarte, C. M., Eklöf, J. S., Jarvis, J. C., Jones, B. L., & Nordlund, L. M. (2019). Global challenges for seagrass conservation. Ambio, Vol. 48 No.8 (801-815).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Manuscripts published in print and electronically are open access for the purposes of education, research, and libraries. Apart from these purposes, the editorial board is not responsible for violations of copyright law.




1.gif)