Analisis pengaruh atribut kemasan terhadap minat beli susu cair Ultra Milk (studi kasus pada konsumen Freshmart Express Airmadidi Superstore)
DOI:
https://doi.org/10.35792/zot.41.2.2021.35973Keywords:
Kemasan, warna, gambar, huruf/tipografi, bentuk, ukuran, minat beliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atribut kemasan (warna, gambar, huruf/tipografi, bentuk dan ukuran) terhadap minat beli konsumen susu cair Ultra Milk di Freshmart Express Airmadidi Superstore dan untuk mengetahui atribut kemasan yang paling mempengaruhi minat beli konsumen susu cair Ultra Milk di Freshmart Express Airmadidi Superstore. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2021 di Freshmart Express Airmadidi Superstore, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden, dimana sampel dipilih berdasarkan kriteria yaitu pengunjung Freshmart Express Airmadidi Superstore dan konsumen susu cair Ultra Milk yang ditemui saat berbelanja. Model analisis data yang digunakan antara lain analisis regresi linier berganda (skala Likert), uji F, dan uji t. Data dianalisis dengan bantuan program SPSS versi 25 for windows. Atribut-atribut kemasan yang mempengaruhi minat beli (Y) yaitu warna (X1), gambar (X2), huruf/tipografi (X3), bentuk (X4), dan ukuran (X5). Atribut kemasan yang paling mempengaruhi minat beli konsumen adalah warna (X1)