Strategi Pengembangan Pasar Sapi/Blante dalam Meningkatkan Kepuasan Pengunjung
DOI:
https://doi.org/10.35792/zot.44.1.2024.52831Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk strategi pengembangan pasar sapi/Blante Kawangkoan dalam meningkatkan kepuasan pengunjung. Penelitian dilaksanakan pada bulan September sampai bulan November 2023. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling, yaitu teknik pemilihan sampel dengan pertimbangan khusus. Responden dalam penelitian berjumlah 15 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis SWOT, didapatkan strategi pasar sapi/blante Kawangkoan berada pada kuadran I. Kuadran I merupakan situasi yang sangat menguntungkan, memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada, strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif. Maka strategi yang didapatkan adalah meningkatkan strategi serta mengeksplor keunikan dari pasar sapi/Blante sehingga membuat banyak pengunjung yang datang bukan hanya di daerah kabupaten Minahasa tapi ada di daerah Indonesia bagian timur, memaksimalkan dukungan dari pemerintah dalam pendistribusian hingga keluar daerah serta hubungan kemitraan dengan daerah sekitar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alicia Magdalena Kwiryn Koloy, N.M Benu, P.A Pangemanan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pemegang hak cipta adalah penulis