Disiplin Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Tikala
Authors
Reseal Akay
Program Studi Ilmu Pemerintahan
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Sam Ratulangi
Johannis E Kaawoan
Program Studi Ilmu Pemerintahan
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Sam Ratulangi
Fanley N Pangemanan
Program Studi Ilmu Pemerintahan
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Sam Ratulangi
Abstract
Instansi pemerintah daerah seperti kecamatan merupakan salah satu contoh instansi pemerintah yang melaksanakan pelayanan publik. Kecamatan sebagai penyedia layanan publik mempunyai tugas pokok membantu Bupati/Walikota dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di lingkup wilayah kecamatan serta meningkatkan efektivitas pelayanan publik dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan yang baik serta peningkatan kualitas pelayanan dalam bentuk jasa atau perijinan melalui transparasi dan standarisasi pelayanan. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dibutuhkan faktor kedisiplinan pegawai dalam melaksanakan tugas – tugasnya sebagai aparatur pemerintahan yang bertugas untuk melayani kepentingan masyarakat, karna faktor disiplin mempunyai peran yang penting dalam pelaksanaan tugas sehari – hari pegawai. Pelayanan masyarakat dikategorikan efektif apabila masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan dengan prosedur yang singkat, cepat, tepat, dan memuaskan. Keberhasilan meningkatkan kualitas pelayanan ditentukan oleh faktor kemampuan pemerintah dalam meningkatkan disiplin kerja aparat pelayanan. Dalam hal ini, Pemerintah Kecamatan Tikala Kota Manado dituntut untuk mewujudkan disiplin kerja aparat kecamatan. Namun berdasarkan informasi yang diperoleh peneliti, juga berdasarkan pengamatan awal banyak dijumpai pegawai Kecamatan Tikala masih belum menerapkan kedisiplinan dalam bekerja. Dengan menggunakan metode kualitatif (Moleong, 2005), penelitian ini akan menggambarkan bagaimana Disiplin Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Tikala Kota Manado. Temuan penelitian menggambarkan kedisiplinan pegawai di Kantor Kecamatan Tikala Kota Manado masih kurang optimal. Hal ini diketahui dari hasil penelitian dilihat dari aspek – aspek Ketepatan waktu , Kesetiaan/patuh pada peraturan yang ada, Penggunaan perlengkapan atau peralatan kantor dan Kehadiran