Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Lapangan Sawang Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro
Abstract
Rumah Sakit sebagai bagian dari sistem kesehatan nasional dituntut untuk meningkatkan kualitas penyediaan fasilitas dan pelayanan. Memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik, bukanlah sesuatu yang mudah bagi pengelola rumah sakit karena pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit menyangkut kualitas hidup para pasiennya sehingga bila terjadi kesalahan dalam tindakan medis dapat berdampak buruk bagi pasien. Dampak tersebut dapat berupa sakit pasien bertambah parah, kecacatan bahkan kematian. Penelitian ini berlokasi pada Rumah Sakit Umum Daerah Lapangan Sawang Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan fokus penelitian yaitu dari teori menurut Lovelock (dalam Hardiyansyah 2018 : 71) kualitas pelayanan meliputi ukuran – ukuran sebagai berikut : Tangible, Raliable, Responsiviness, Assurance dan Empathy. Dari hasil penelitian didapati dari kelia aspek tersebut yang menjadi kelemahan hanyalah aspek jaminan empati dan tiga aspek lainnya dapat dikatakan baik pada penerapannya.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kesehatan, Rumah Sakit