Responsibilitas Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Dan Kartu Keluarga Pada Masa Pandemi Covid19 Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Kepulauan Talaud

Authors

  • Ranses Baweda Program Studi Ilmu Pemerintahan FISPOL Unsrat
  • Novie R Pioh Program Studi Ilmu Pemerintahan FISPOL Unsrat
  • Fanley N Pangemanan Program Studi Ilmu Pemerintahan FISPOL Unsrat

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk menjawab semua permasalahan yang telah dirumuskan dalam perumusan masalah tersebut di atas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: untuk menganalisis sejauhmana penerapan responsibilitas dalam pelayanan publik dan mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam menerapkan responsibilitas dalam pelayanan publik di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Talaud dimasa pandemic covid19.. Pelayanan publik dapat diartikan sebagai pemberian layanan (melayani) keperluan orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi itu sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan. Selanjutnya menurut Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003, publik adalah segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian disimpulkan . Objektif responsibilitas artinya Bertanggung jawab terhadap pimpinan dalam hukum yang berlaku, masih ada keluhan-keluhan dari masyarakat yang mengurus EKTP dan KK sebagai penerima pelayanan yaitu mengenai lambatnya waktu pelayanan karena terjadi pengantrian, lamanya waktu penyelesaian produk EKTP karena keterbatasan pengadaan blangko (sampai dengan maret), lamanya waktu penyelesaian KK karena kendala teknis dalam penandatanganan, dan beberapa prosedur dan syarat-syarat yang menurut masyarakat sulit untuk dipenuhi dan dipahami. Namun hal-hal tersebut tidak berlangsung setiap saat dan pelayanan juga sudah dilaksanakan berdasarkan SOP.

 

Kata Kunci : Responsibilitas, Pelayanan Publik, Pandemi Covid 19

Downloads

Published

2022-04-06

Issue

Section

Articles