Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Kecamatan Matuari Kota Bitung

Authors

  • Grace V Tuhatelu Program Studi Ilmu pemerintahan FISPOL-Unsrat
  • Stefanus Sampe Program Studi Ilmu pemerintahan FISPOL-Unsrat
  • Alfon Kimbal Program Studi Ilmu pemerintahan FISPOL-Unsrat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan Kantor Kecamatan Matuari Kota Bitung yang diukur menggukan indeks Kepuasan Masyarakat.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis Indeks Kepuasan Masyaraat.Penelitian dilakukan di Kantor Kecamatan Matuari Kota Bitung pada bulan Mei 2021.Teknik sampling yang dilakukan adalah non-probability sampling dengan jenis accidental sampling.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,dokumentasi dan angket.Uji validitas menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha.Dari hasil penelitian terlihat bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk pelayanan Kantor Kecamatan Matuari adalah 3,566 dengan angka konversi sebesar 89,15.Maka kinerja pelayanan publik berada dalam kategori mutu pelayanan sangat baik.Hasil dari pengukuran terhadap 14 indikator Indeks Kepuasan Masyarakat sebagai berikut: (a) Prosedur pelayanan nilai IKM sebesar 92,5 dengan kategori sangat baik,(b) Persyaratan pelayanan nilai IKM sebesar 91,25 dengan kategori sangat baik,(c) Kejelasan Petugas Pelayanan nilai IKM sebesar 90 dengan kategori sangat baik,(d) Kedisiplinan petugas pelayanan nilai IKM sebesar 92,5 dengan kategori sangat baik,(e) Tanggungjawab petugas pelayanan nilai IKM sebesar 93,25 dengan kategori sangat baik,(f) Kemampuan petugas pelayanan nilai IKM sebesar 93,75 dengan kategori sangat baik,(g) Kecepatan pelayanan nilai IKM sebesar 87 dengan kategori sangat baik,(h) Keadilan mendapatkan pelayanan nilai IKM sebesar 90,25 dengan kategori sangat baik ,(i) Kesopanan dan Keramahan petugas nilai IKM sebesar 80,25 dengan kategori baik,(j) Kewajaran biaya pelayanan nilai IKM sebesar 90,25 dengan kategori sangat baik,(k) Kepastian biaya pelayanan nilai IKM sebesar 87,75 dengan kategori sangat baik,(l) Kepastian jadwal pelayanan nilai IKM sebesar 90,75 dengan kategori sangat baik,(m) Kenyamanan lingkungan nilai IKM sebesar 94,5 dengan kategori sangat baik,(n) Keamanan pelayanan nilai IKM sebesar 92 dengan kategori sangat baik.

 

Kata Kunci: Pelayanan Publik , Indeks Kepuasan Masyarakat

 

Downloads

Published

2022-04-06

Issue

Section

Articles