Implementasi Kebijakan Program Bantuan Penyelesaian Studi Untuk Siswa SMA Di Kabupaten Minahasa Tenggara
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi dari Kebijakan Program Bantuan Penyelesaian Studi Untuk Siswa SMA Di Kabupaten Minahasa Tenggara. Pendidikan merupakan salah satu pilar penting yang memajukan suatu Daerah maupun Bangsa dan Negara, maka dari itu pendidikan harus mendapatkan perhatian khusus bagi para penyelenggara Negara. Peran penyelenggara Negara juga sangat berpengaruh terhadap penekanan angka anak putus sekolah, perlu adanya campur tangan yang nyata dari pihak penyelenggara Negara yakni, Pemerintah Daerah setempat terkait pembuatan kebijakan dan penyusunan program-program yang berdampak secara langsung bagi masyarakat. Pada penelitian ini mengkaji mengenai bagaimana implementasi dari bantuan pemerintah untuk penyelesaian studi siswa SMA sederajat di Kabupaten Minahasa Tenggara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian disimpulkan seharusnya kebijakan ini telah berlangsung dan dampaknya seharusnya sudah terasa, akan tetapi dikarenakan ada pengalihan kewenangan yang dulunya jenjang SMA di atur oleh Kabupaten, tetapi sesuai dengan implementasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, maka kebijakan Bupati tersebut sudah tidak berlaku lagi dikarenakan untuk urusan jenjang SMA telah di Pimpin oleh Dinas Pendidikan Daerah Provinsi.
Â
Kata Kunci : Implementasi, Kebijakan, Bantuan, Penyelesaian Studi