Kualitas Pelayanan Publik Di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Di Kota Manado

Authors

  • Angga Rhesa H Laliyo Program Studi Ilmu Pemerintahan Unsrat
  • Tuerah A.M.R Gosal Program Studi Ilmu Pemerintahan Unsrat
  • Ismail Rachman Program Studi Ilmu Pemerintahan Unsrat

Abstract

Pelayanan publik yang diberikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan terkadang ditemui adanya sebuah hambatan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan adanya sebuah dinding pemisah antara pihak pemberi layanan dengan penerimah layanan berupa pembatasan jumlah orang bahkan ditengah kondisi dunia secara umum dan Indonesia dalam hal ini masyarakat kota manado secara. Penelitian ini melihat kualitas Pelayanan Publik di Badan penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Kota manado. Bahwa wujud pelayanan di BPJS kesehatan kota Manado adalah berupa suatu bentuk pelayan yang diberikan kepada peserta. Untuk mengakses pelayanan di BPJS kesehatan Kota Manado bisa melalui dua cara yaitu secara online dan offline. Kehandalan pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan kota adalah merupakan kemampuan karyawan dalam memberikan layanan di BPJS kesehatan kota Manado. Hal ini juga dipengaruhi kualitas sumber daya manusia yang di miliki oleh BPJS kesehatan kota Manado. Ketanggapan pelayanan yang ada di BPJS kesehatan kota Manado merupakan upaya untuk merespon setiap permasalahan  yang dihadapi oleh pelanggan BPJS dalam mengakses layanan.  Jaminan pelayanan yang ada di BPJS kesehatan bisa di lihat dari setiap informasi yang diberikan kepada masyarakat baik itu soal waktu maupun layanan lainnya, serta juga BPJS Kesehatan kota selalu berpatokan dengan setiap kebijakan yang dibuat pemerintah dalam hal iuran BPJS.  Empaty yang diberikan BPJS Kesehatan kota manado terhadap pengguna jasa layanan merupakan bagian daripada standar operasionalnya.

 

Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Publik, Jaminan Sosial, Kesehatan

Downloads

Published

2022-07-22

Issue

Section

Articles