Kualitas Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Kanonang Dua Kecamatan Kawangkoan Barat
Abstract
Pelayanan Publik merupakan kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang – undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Pemerintah desa mengemban tugas utama dalam hal menciptakan kehidupan yang demokrtatis, mendorong pemberdayaan masyarakat serta memberikan pelayanan publik yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan publik pada masa pandemi covid-19 di desa kanonang dua kecamatan kawangkoan barat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data di lakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan publik di desa kanonang dua. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan di desa kanonang dua sudah menerapkan dimensi tangible, reliabilty, responsivenes, assurance, dan emphaty. Namun masih ada indikator yang belum berjalan sesuai dengan harapan masyarakat, yaitu masih ada pegawai yang belum handal dalam menggunakan alat bantu. Adapun kelima indikator yang di bahas dalam mengukur kualitas pelayanan publik, menunjukan bahwa pada dasarnya pemerintah sudah melakukan tugasnya dengan baik, namun pemerintah desa kanonang dua perlu terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dan di perlukan adanya pendidikan dan pelatihan dan motivasi kerja agar pelayanan yang berikan berjalan dengan baik.
Â
Â
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Publik, Pelayanan Publik
Â