Strategi Dinas Pariwisata Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Dalam Mempromosikan Destinasi Wisata Danau Mooat Pada Masa New Normal
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu pemanfaatan sumber daya alam yang dapat bernilai ekonomi tinggi bagi suatu daerah yang mengelola sumber daya alam menjadi suatu tempat wisata yang dapat menarik pengunjung baik dari dalam maupun dari luar negeri, disamping bernilai ekonomi yang tinggi dan mampu menyerap tenaga kerja dan mendorong perkembangan investasi, pariwisata dapat menumbuhkan dan meningkatkan rasa bangga terhadap bangsa sehingga akan tumbuh masyarakat yang lebih peduli terhadap suatu bangsa. Namun pengembangan kawasan obyek wisata belum dilakukan pada beberapa kawasan obyek wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dalam mempromosikan dsetinasi wisata Danau Mooat pada masa new normal yang terdiri Tujuan, Kebijakan, dan Tindakan yang akan menghasilkan suatu strategi dari beberapa definisi strategi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder berasal dari dokumen laporan, peraturan-peraturan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti, tulisan serta hasil penelitian mengenai Strategi Promosi Destinasi Wisata Danau Mooat Pada Masa New Normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dalam mempromosikan destinasi wisata Danau Mooat pada masa new normal adalah Strategi sebagai Rencana.
Â
Kata Kunci : Strategi, Pemerintah, Pariwisata, Dinas Pariwisata