Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik Dalam Mencapai Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (Wbk/Wbbm) Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kotamobagu

Authors

  • Dennis J.M Rompas Program Studi Ilmu Pemerintahan Unsrat
  • Novie R Pioh Program Studi Ilmu Pemerintahan Unsrat
  • Donald K Monintja Program Studi Ilmu Pemerintahan Unsrat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Reformasi Birokrasi Program Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Pelayanan Publik di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kotamobagu. Reformasi birokrasi merupakan perubahan yang terencana dan akan berdampak pada perubahan dalam pengelolaan budaya birokrasi itu sendiri. Di Indonesia sendiri menganggap reformasi birokrasi dimulai pada 1997-1998 pada pemerintahan presiden Suharto. Saat itu pemerintahan Suharto yang terkenal dengan Orde Baru pemerintah telah mengalami beberapa konflik, salah satunya konflik dari mana para tokoh dan mahasiswa Indonesia yang menuntut rezim Pemerintahan Suharto dibubarkan dan dia mengundurkan diri dari kekuasaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Keberhasilan program menunjukkan bahwa program pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kotamobagu efektif. Keenam area perubahan dan peningkatan kualitas pelayanan publik serta sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan

 

 

Kata Kunci : Reformasi Birokrasi, Pelayanan Publik, WBK/WBB

Downloads

Published

2023-01-09