Analisa Kepuasan Masyarakat Pengguna Bpjs Mengenai Pelayanan Publik Di Puskesmas Lansot Kota Tomohon Tahun 2022
Abstract
Penelitian Tingkat kepuasan masyarakat di Puskesmas Lansot Tomohon yang dinilai dari Indeks Kepuasan Masyarakat adalah 79,55 yang berada pada interval 62,51-81,25 dan berada pada kategori Baik. Tingkat mutu pelayanan publik di Puskesmas Lansot dipersepsikan oleh masyarakat penggunanya dalam posisi Baik dalam semua unsur pelayanan (14 unsur pelayanan). Adanya beberapa unsur yang memiliki nilai lebih rendah daripada unsur lainnya merupakan faktor penghambat yang perlu ditingkatkan lagi seperti unsur: prosedur pelayanan, kecepatan pelayanan, dan kepastian jadwal pelayanan, sedangkan ada beberapa unsur yang merupakan faktor pendukung yang perlu dipertahankan seperti unsur: kesopanan dan keramahan petugas pelayanan, keamanan, kewajaran biaya dan tenggung jawab petugas pelayanan.
Kata Kunci : Kepuasan Masyarakat, Pengguna BPJS, Pelayanan Publik, Puskesmas