Kinerja Unit Pelayanan Teknis Kecamatan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Dalam Pelayanan Publik Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi di Kecamatan Tamako Kabupaten Kepulauan Sangihe)
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Unit Pelaksana Teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Pelayanan Publik dimasa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Tamako Kabupaten Kepulauan Sangihe.. Dokumen kependudukan merupakan salah satu hak dan kebutuhan masyarakat,dokumen kependudukan ini sangat dibutuhkan dalam berbagai kegiatan mulai dari pendidikan hingga ekonomi. Harus diakui dokumen kependudukan menjadi pintu masuk untuk mengakses berbagai layanan negara karena itu pelayanan dokumen kependudukan harus dapat dengan mudah diakses masyarakat. Pemerintah tidak bisa hanya mengingatkan masyarakat untuk melengkapi dokumen kependudukannya tapi lalai terhadap pelayanan. Mendekatkan pelayanan kepemilikan dokumen kependudukan adalah sebuah kewajiban sekaligus tanggungjawab Pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Dokumen kependudukan merupakan salah satu hak dan kebutuhan masyarakat,dokumen kependudukan ini sangat dibutuhkan dalam berbagai kegiatan mulai dari pendidikan hingga ekonomi. Harus diakui dokumen kependudukan menjadi pintu masuk untuk mengakses berbagai layanan negara karena itu pelayanan dokumen kependudukan harus dapat dengan mudah diakses masyarakat. Pemerintah tidak bisa hanya mengingatkan masyarakat untuk melengkapi dokumen kependudukannya tapi lalai terhadap pelayanan. Mendekatkan pelayanan kepemilikan dokumen kependudukan adalah sebuah kewajiban sekaligus tanggungjawab Pemerintah
Kata Kunci : Kinerja, Unit Pelayanan, Kecamatan, Pandemi