Implementasi Kebijakan Pelayanan Persandian Dan Statistik Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Minahasa
Abstract
Penelitian ini Bertujuan Untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Kebijakan Pelayanan Persandian dan Statistik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa. Pelayanan publik menjadi isu kebijakan yang semakin strategis dan merupakan isu hangat yang selalu menjadi bahan perbincangan, karena pelayanan publik di Indonesia cenderung berjalan ditempat sedangkan implikasinya sangat luas dalam kehidupan ekonomi, politik, sosial budaya dan lainlain. Perbaikan dan peningkatan pelayanan di sektor publik merupakan tujuan dari agenda reformasi pemerintahan di Indonesia. Pemerintah dibentuk untuk melayani masyarakat bukan untuk melayani dirinya sendiri namun dengan menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap anggota masyarakat mengembangkan kreativitas dan kemampuan demi mencapai kemajuan bersama. Pengaduan yang disampaikan masyarakat kepada pemerintah merupakan respon dari pelayanan publik yang diterima oleh masyarakat dari pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi berjalan baik dilihat dari sosialisasi yang dilakukan Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Minahasa kepada masyarakat dan pemerintah dan Pemerintah Daerah sudah melakukan tugasnya dengan baik dilihat dari cara menindaklanjuti aduan yang masuk dan bentuk sosialisasi yang disampaikan kepada masyarakat dan pemerintah desa/kelurahan sekabupaten minahasa
Kata Kunci : Implementasi, Kebijakan, Pelayanan, Persandian