Pengaruh Kompetensi Pendidikan Terhadap Kinerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Kompetensi Pendidikan terhadap Kinerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu. Pengaruh pendidikan terhadap kinerja seseorang cukup signifikan dalam suatu pekerjaan, hal tersebut juga berlaku bagi profesi sebagai anggota dewan, dalam kinerjanya pada proses pengambilan keputusan, pembuatan undang-undang serta menjalankan fungsi-fungsi lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitain kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil pengujian uji hipotesis diketahui bahwa nilai signifikansi menunjukkan sebesar 0.005 yang dimana lebih kecil dari 0.05 hal tersebut menunjukkan bahwa variabel independen memiliki pengaruh terhadap variabel dependen, artinya bahwa Kompetensi Pendidikan berpengaruh terhadap Kinerja DPRD Kota Palu. Berdasarkan data yang diperoleh maka item pernyataan yang paling dominan dalam variabel pendidikan yakni Kompetensi dengan presentase 86 % responden setuju terhadap pernyataan ini kemudian item kesesuaian jurusan dengan presentase 60 % responden setuju terhadap pernyataan ini dan juga jenjang pendidikan dengan persentase 57 % responden setuju terhadap penyataan ini.
Kata Kunci: Pengaruh, Pendidikan, Kinerja, DPRD