Inovasi Program E-Tiket Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Pelabuhan Laut Manado
Abstract
Inovasi dalam sebuah pelayanan, terkhusus pelayanan public merupakan hal yang diperlukan dalam menetukan kualitas pelayanan yang baik dan memuaskan bagi masyarakat. Pelayanan public sangat erat kaitannya dengan pemerintahan, karena pemerintah mempuinyai peran dalam memberikan pelayan kepada masyarakat. Pelayanan public dalam perkembangannya timbul dari adanya kewajiban sebagai suatu proses penyelenggaraan kegiatan pemerintahan baik yang bersifat individual maupun kelompok. Termasuk juga dalam pelayanan tiket pada pelabuhan yang dalam penelitian ini berlokasi di pelabuhan manado. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Inovasi Program E-Tiket dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Pelabuhan Laut Manado. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa 3. Respon Masyarakat dalam pelaksanaan program yaitu masih banyakmya masyarakat yang tidak tahu cara membeli tiket secara online, hal ini dibuktikan dengan masih banyak masyarakat yang membeli tiket secara manual dengan mengantri di loket pembelian tiket, hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat yang gaptek, jaringan internet yang belum memadai, serta kurangnya sosialisasi dari pemerintah tentang penggunaan E-tiket yang menyebabkan masih banyak masyarakat yang tidak tahu cara pemesanan tiket secara Online.
Kata Kunci: Inovasi, E-Tiket, Pelayanan Publik, Pelabuhan Laut