Kinerja Unit Layanan Administrasi (ULA) Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Dalam Menyelenggarakan Tertib Administrasi

Authors

  • Kim Yuni Saerang Program Studi Ilmu Pemerintahan Unsrat
  • Welly Waworundeng Program Studi Ilmu Pemerintahan Unsrat
  • Neni Kumayas Program Studi Ilmu Pemerintahan Unsrat

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja di Unit Layanan Administrasi (ULA) Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi utara dalam Menyelenggarakan Tertib Administrasi Pemerintahan. Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa dan/atau pelayananan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik yaitu setiap institusi penyelenggara negara, korporasi, lembaga independen yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk kegiatan pelayanan public. Unit layanan administrasi (ULA) Provinsi Sulawesi utara dibentuk untuk menyelenggarakan pelayanan public yang efektif dan efesien, baik secara internal maupun eksternal, oleh sebab itu penyelenggara ULA sudah seharusnya bersikap profesional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan Produktivitas kerja yang ditunjukkan oleh pegawai yang ada di Unit Layanan Administrasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara, sudah cukup baik, Kualitas Layanan pada SOP yakni terkait pelayanan surat masuk biro-biro belum dapat dilaksanakan dengan baik karena sistem aplikasi E-Office yang terkadang bermasalah.

 

Kata kunci: Kinerja, Unit Layanan Administrasi, Administrasi

Downloads

Published

2023-05-13