Kualitas Pelayanan Publik Penyaluran Bantuan Santunan Duka di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Studi Sekretariat Daerah Bagian Kesejahteraan Rakyat Siau Tagulandang Biaro)

Authors

  • Hanna Anjelinna Gomes Program Studi Ilmu Pemerintahan Unsrat
  • Welly Waworundeng Program Studi Ilmu Pemerintahan Unsrat
  • Alfon Kimbal Program Studi Ilmu Pemerintahan Unsrat

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari berbagai masalah yang terjadi terkait penyaluran bantuan santunan duka di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro dan peneliti tertarik dengan kondisi yang mengindikasikan bawa untuk mendapatkan bantuan santunan duka memerlukan waktu yang lama dengan proses yang begitu lama memerlukan waktu terlama lebih dari 1 bulan dan tercepat 1 minggu tergantung berkas yang di berikan lengkap atau tidak oleh karena itu peneliti ingin melihat kualitas pelayanan publik penyaluran bantuan santunan duka dan melakukan penelitian di Daerah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Tujuan dilakukanlah penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan publik penyaluran bantuan santunan duka di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro studi Sekretariat Daerah bagian Kesejatraan Rakyat Siau Tagulandang Biaro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kulitatif. Teknik pengumpulan data yang di lakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi lapangan, dokumentasi. Adapun teori yang di gunakan adalah teori pelayanan publik Zeithaml dkk 1990 dalam Hardiyansyah (2011) terdiri dari 5 Indikator yaitu:Tangibles, Reliability, Responsivenes, Assurance, Emphaty. Hasil penelitian menujukan bahwa Kualitas Pelayanan Publik Penyaluran Bantuan Santunan Duka di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro dalam hal bukti fisik atau sarana prasarana yang di miliki bagian kesejahteraan rakyat sudah bagus untuk proses administrasi yang ada, Reliability bagian kesejahteraan rakyat memperhatikan berkas dan informasi yang jelas kemasyarakat serta jaminan yang di berikan bagian kesejahteraan rakyat menggunakan media sosial untuk memberikan informasi dan juga empati berupa mengunjungi rumah duka untuk memberikan bukti sejara simbolis di sana.

Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Publik,Pemerintah, Santunan Duka, Kesra

Downloads

Published

2023-07-18