Kinerja Pemerintah Dalam Pengembangan Guru Tenaga Pendidikan Di Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Selatan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peran pemerintah dalam
Pengembangan Guru Tenaga Kependidikan Kabupaten Minahasa Selatan.
Pendidikan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan suatu
bangsa, dan merupakan wahana dalam menerjemahkan pesan-pesan kontribusi
serta sarana dalam membangun watak bangsa. Masyarakat yang cerdasakan
memberi nuansa kehidupan yang cerdas pula, dan secara progresif akan
membentuk kemandirianKeberhasilan Pendidikan tidak terlepas dari sumber daya
manusianya dalam hal ini tenaga pendidik.Pengembangan profesi guru hanya bisa
tercapai jika didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai dan efektif untuk
kegiatan pendukung kebijakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Dalam pelaksanaaan peningkatan
ketenagakerjaan guru SMP di Kabupaten Minahasa Selatan Dinas Pendidikan dalam
mengutamakan kepentingan tenaga pendidik untuk melakukan peningkatan dapat
dilihat dari upaya dinas pendidikan dalam memberikan pemahaman bagi para tenaga
pendidik terkait penerapan kurikulum sekolah merdeka, dimana kurikulum ini
mengutamakan dan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada. Dalam hal
ini proses penerapan kurikulum yang dijalankan oleh setiap guru khususnya pada
setiap SMP yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan tidak terlepas dari upaya Dinas
Pendidikan Kabupaten Minahasa Selatan.
Kata Kunci: Kinerja, Pemerintah, Guru, Pendidikan