PERANAN KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN KUALITAS INFORMASI PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI E-COMMERCE SHOPEE MAHASISWA KOTA BANDUNG

Penulis

  • Kevin Universitas Kristen Maranatha
  • Allen Kristiawan Universitas Kristen Maranatha

DOI:

https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i1.54240

Abstrak

Keputusan Pembelian menjadi peran utama dalam e-commerce. Salah satu faktor-faktor yang memengaruhinya seperti Kepercayaanc Kemudahaan, dan Kualitas Informasi. Pada penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk menyelidiki, menguji, dan menganalisis dari peranan faktor Kepercayaan, Kemudahaan, dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian. Dengan menggunakan metode Causal Explanatory  dan Teknik Sampling Non-probability, populasi dan sampel yang digunakan pada Mahasiswa di Kota Bandung yang pernah beberlanja di e-commerce Shopee. Menggunakan SPSS 26 dengan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Uji Asumsi Klasik yang menghasilkan data bahwa Kepercayaan, Kemudahaan, dan Kualitas Informasi berpengaruh positif dan signifikasn tehadap Keputusan Pembelian.

Biografi Penulis

Allen Kristiawan, Universitas Kristen Maranatha

Fakultas Bisnis Manajemen

Referensi

Asri Saras Sati, R., & Ramaditya, M. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Konsumen Yang Menggunakan Metland Card).

Ayuningtiyas, K., & Gunawan, H. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. In Journal of Applied Business Administration (Vol. 2, Issue 1).

Davis, F. D. (1989). Perceive Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly Vol 13 (3) : 319-340.

Ernawati, N., & Noersanti, L. (2020). Jurnal Manajemen STEI Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan pada Aplikasi OVO. BPJP) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, 03(02). www.bi.go.id/id/statistik

Gefen, D. , K. E., & Straub, D. W. (2003). Trust and TAM in Online Shopping: An Intergrated Model, MIS Quarterly, 27(1), 51-90.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hadiawan, A. C. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Skripsi pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponogero.

Hartono, B. (2013). Sistem Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.

Jurusan, A., Bisnis, A., & Semarang, P. N. (2016). E-Commerce Sederhana untuk Mendukung Wirausaha Ibu Rumah Tangga. In Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora (Vol. 16, Issue 1).

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. New Jersey : Prentice.

Kristiawan, A., Nursalin, K. K., Gunawan, I., & F.Yo, J. A. (2021). Pengaruh Pengalaman Berbelanja Online Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan (Segmen : Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha Pelanggan Shopee Dan Jd.Id). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(2). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i2.35107

Mahkota, A. P., Suyadi, I., & Riyadi. (2014). Pengaruh Kepercayaan Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc).

Mulyadi, A., Eka, D., & Naills, W. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Online Lazada.

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.

Silalahi, Ulber. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama. .

Solihin, S., & Zuhdi, S. (2021). Pengaruh Kualitas Website dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.37641/jikes.v1i1.403

Subagyo, Tukidi, & WV, I. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Aplikasi Shopee.

Sugiyono. (2018). Metode Peneliitian Bisnis.

Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). A Theoretical Extension of The Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies.

Winadi, A. A., Tyas, P., Nurhasanah, N., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kemudahan Pada Situs Jual Beli Online. Jurnal Ekonomi 10 (1)

Diterbitkan

2024-03-30

Cara Mengutip

Heryawan, K. . C., & Kristiawan, A. (2024). PERANAN KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN KUALITAS INFORMASI PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI E-COMMERCE SHOPEE MAHASISWA KOTA BANDUNG. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 11(1), 579–593. https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i1.54240

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>