EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA DESA DALAM PENINGKATAN PEMBANGUNAN (Suatu Studi Di Desa Watutumou Dua Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara)

Authors

  • Gary Jonathan Mingkid
  • Daud Liando
  • Johny Lengkong

Abstract

Abstrak

Dana desa yang diberikan kepada Desa Watutumou Dua yang diterima oleh pemerintah desa dilakukan secara bertahap sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan dilakukan sebanyak tiga tahap penyaluran yang dibagi dalam pos-pos pengeluaran yang terdiri dari pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang diatur dalam Peraturan Desa Watutumou Nomor 1 Tahun 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaaan dana desa dalam peningkatan pembangunan, teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisa kualitatif yang dilakukan sepanjang penelitian berlangsung sejak pengumpulan data dimulai, analisis data dilangsungkan secara terus menerus hingga pembuatan laporan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pencapaian tujuan dana desa dalam peningkatan pembangunan di Desa Watutumou Dua sudah tercapai disebabkan pemerintah desa konsisten dalam musyawarah desa untuk pembangunan sehingga efektif dalam peningkatan pembangunan desa, pembangunan tepat sasaran mendapatkan respon yang baik dari masyarakat terhadap pemerintah yang dinilai efektif untuk membuat masyarakat desa sejahtera melalui dana desa untuk peningkatan pembangunan. Integrasi yang ada di Desa Watutumou Dua cukup baik karena pemerintah mampu bersosialisasi dan berkomunikasi dengan masyarakat desa sehingga mampu mengambil simpati dari masyarakat untuk berkerja sama dan memberikan informasi terbaru tentang peningkatan pembangunan di Desa Watutumou Dua melalui dana desa.

Kata Kunci: Efektivitas, Penggunaan Dana Desa, Pembangunan.

Downloads

Published

2017-12-30

How to Cite

Mingkid, G. J., Liando, D., & Lengkong, J. (2017). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA DESA DALAM PENINGKATAN PEMBANGUNAN (Suatu Studi Di Desa Watutumou Dua Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara). JURNAL EKSEKUTIF, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/18676

Issue

Section

Articles