PEMBERDAYAAN PERANGKAT PEMERINTAH DESA SEBAGAI UPAYA MEMPERCEPAT PEMBANGUNAN (Studi Di Desa Moyag Kecamatan Kotamobagu Timur)

Authors

  • Aristo Zulhadji
  • Sarah Sambiran
  • Frangky Rengkung

Abstract

Abstrak

Pedesaan sebagai salah satu sektor yang mendapat prioritas utama dalam konteks pembangunan yang merupakan suatu kebijaksanaan nasional yang didasarkan pada beberapa alasan mendasar, Desa dalam melaksanakan urusan pemerintahan tentu membutuhkan pegawai aparat maupun perangkat yang handal dalam pelayanan dan pembangunan yang prima. Desa Moyag Kecamatan Kotamobagu Timur merupakan salah satu diantara 4 desa yang ada di Kecamatan Kotamobagu Timur,Sebelah Utara yang berbatasan dengan Desa Upai Kecamatan Kotamobagu Utara, disebelah selatan berbatasan dengan Desa Moyag Todulan, disebelah timur berbatasan dengan kawasan Gunung Ambang Kecamatan Kotamobagu Timur,dan Desa Moyag Tampoan Kecamatan Kotamobagu Timur. Untuk meningkatkan sumber daya perangkat di desa perlu dilakukan pemberdayaan seperti pendidikan dan pelatihan (Diklat) Perangkat Desa. Penelitian ini dilakukan di Kantor Desa Kecamatan Kotamobagu Timur pada bulan Januari, dengan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, adapun yang menjadi informan dalam penelitian adalah yaitu, Kepala Desa Moyag, Sekretaris Desa Moyag, Kaur Pemerintahan Desa Moyag, Ketua Tim PKK Desa Moyag dan Masyarakat Desa 1 Orang. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, dalam pembahasan teori metode pemberdayaan perangkat desa di kantor Desa Moyag sudah diterapkannya metode Pemberdayaan seperti Pendidikan dan latihan tetapi masih belum adanya tingkat kedisiplinan, tingkat kesadaran, pelibatan masyarakat.

Kata Kunci: Pemberdayaan, Perangkat Desa, Pembangunan.

Downloads

Published

2018-06-19

How to Cite

Zulhadji, A., Sambiran, S., & Rengkung, F. (2018). PEMBERDAYAAN PERANGKAT PEMERINTAH DESA SEBAGAI UPAYA MEMPERCEPAT PEMBANGUNAN (Studi Di Desa Moyag Kecamatan Kotamobagu Timur). JURNAL EKSEKUTIF, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/19792