KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASlI DESA (studi di desa Ino Jaya Kecamatan Wasile Selatan Kabupaten Halmahera Timur)

Authors

  • Walter Gang Palangi
  • Michael Mantiri
  • Frangky Rengkung

Abstract

Abstrak

Kinerja atau performance merupakan gambaran mengenai tingkat pencapaian suatu pelaksanaan programkegiatan atau kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, visi dan misi orgnisasi yang dituangkan melalui perencanaan suatu strategi organisasi Sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pemerintah desa Ino Jaya kecamatan wasile selatan kabupaten Halmahera timur dalam meningkatkan pendapatan asli desa. Serta mengidentifikasikan hambatan-hambatan yang ada. Teknik analisa data yang dipakai adalah teknik deskriptif kualitatif sesuai dengan data dan fakta dilapangan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan asli desa Ino Jaya Kecamatan Wasile Selatan Kabupaten Halmahera Timur hanya berasal dari administrasi dalam desa atau yang disebut dengan surat menyurat itu yang menjadi pendpatan dalam desa. Dalam setiap tahun pndapatan atau penerimaan dalam desa Ino Jaya setiap tahun pendapatannya tidak tetap dapat dilihat dari penerimaan setiap tahun, untuk meningkatkan pendapatan asli desa Ino Jaya pemerintah desa membangun bak penampungan air bersih yang akan dijadikan sebagai sumber pendapatan asli desa.

Kata Kunci : Kinerja, Pendapatan Asli Desa, Pemerintah Desa.

Downloads

Published

2018-07-17

How to Cite

Palangi, W. G., Mantiri, M., & Rengkung, F. (2018). KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASlI DESA (studi di desa Ino Jaya Kecamatan Wasile Selatan Kabupaten Halmahera Timur). JURNAL EKSEKUTIF, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/20209