EFEKTIVITAS PROGRAM CERDAS COMMAND CENTER SEBAGAI MEDIA INFORMASI MASYARAKAT DALAM RANGKA PELAYANAN PUBLIK (Studi di Kantor Walikota Manado)

Authors

  • Nia Septiani Edam
  • Sofia Pangemanan
  • Josef Kairupan

Abstract

Abstrak

Kota Manado adalah salah satu Kota di Indonesia yang mendukung e-government lewat pengembangan Kota Cerdas atau The Smart City. Dalam penerapan Kota Cerdas di Kota Manado Pemerintah Kota Meluncurkan Program yang dapat membantu masyarakat dan instansi pemerintah yaitu Cerdas Command Center, dalam proses pelaksanaan program ini ada kendala yang ditemui oleh pemerintah yaitu, koordinasi antar dinas masih lambat karena belum semua dinas bekerja sama dengan cerdas command center ini pun di akui oleh pihak pemerintah kota karena masih kurangya sosialisasi yang dilakukan berhubung juga Cerdas Command Center ini baru 1,5 tahun beroperasi di Kota Manado. Kemudian dari segi fasilitas juga belum lengkap, dan masih diusahakan oleh pemerintah dalam pengadaan fasilitas. Dan juga sumber daya manusia yang masih kurang dalam mengoperasikan atau menjalankan progam ini dan pemerintah kota pun mengontrak beberapa teknisi yang profesional di bidang informatika. yang menjadi saran penulis disini yaitu walaupun Cerdas Command Center hanya sampai pada tahap mediasi, namun dilihat dari segi kepemerintahan maka masalah-masalah yang terjadi di lapangan harus dituntaskan sesuai dengan tugas dan fungsi pemerintah yaitu mengayomi dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas pelayanan, sehingga lewat pelayanan yang baik maka e-government lewat penerapan Cerdas Command Center di Kota Manado akan membawa kota ini menuju kota cerdas 2021 sesuai dengan Visi dan Misi yang ada.

Kata Kunci : Efektivitas, E-Government, Cerdas Command Center, Smart City.

Downloads

Published

2018-10-09

How to Cite

Edam, N. S., Pangemanan, S., & Kairupan, J. (2018). EFEKTIVITAS PROGRAM CERDAS COMMAND CENTER SEBAGAI MEDIA INFORMASI MASYARAKAT DALAM RANGKA PELAYANAN PUBLIK (Studi di Kantor Walikota Manado). JURNAL EKSEKUTIF, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/20924