PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA MELALUI MEDIA SOSIAL PADA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE TAHUN 2017 (studi di Kecamatan Tabukan Selatan)

Authors

  • Ivan Osvaldo Mangune
  • Johny Lengkong
  • Trintje Lambey

Abstract

Partisipasi di era globalisasi sekarang sudah mengalami moderenisasi dengan terus bekembangannya zaman dan kemajuan teknologi yang ada, dengan adanya internet dan jejaring media social, partisipasi politik kini bisa dilakukan melalui Jejaring media social seperti halnya kampanye politik atau sosialisasi politik, ataupun individu dapat membagi opininya tentang isu politik yang ada, hal tersebut dapat dilakukan melalui media social, yang bisa di katakana partisipasi politik menggunakan media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahiu bentuk partisipasi politik pemilih pemula dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2017 di Kecamatan Tabukan Selatan Kabupaten Kepulauan Sangihe, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dimaksudkan agar dapat mengeksplorasi masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilih pemula di Kecamatan Tabukan Selatan lebih menonjol atau cenderung berpartisipasi dalam bentuk Votting, Campaing Activity, dan Contacting Personal On Personal Matter. Sedangkan bentuk partisipasi Communal Activity dan Protest masih sangat kurang partisipasiya dari pemilih pemula di Kecamatan Tabukan Selatan. Model partisipasi politik menggunakan media sosial bagi pemilih pemula lebih menonjol atau yang sudah ada adalah berpartisi dalam 4 (empat) bentuk partisipasi politik di media sosial yaitu turut serta bergabung ke dalam akun resmi media sosial pasangan calon, turut serta begabung menjadi anggota dalam grup-grup media sosial pasanagan calon, turut serta mengampanyekan dan mensosialisasikan pasangan calon melaui poster digital, pamphlet digital, link berita, video digital, dan perangkat dan perangkat sosialisasi yang lain melalui media sosial. Kata Kunci : Partisipasi Politik, Pemilih Pemula, Media Sosial, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Downloads

Published

2018-12-17

How to Cite

Mangune, I. O., Lengkong, J., & Lambey, T. (2018). PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA MELALUI MEDIA SOSIAL PADA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE TAHUN 2017 (studi di Kecamatan Tabukan Selatan). JURNAL EKSEKUTIF, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/21947